Bali Tribune, Sabtu 18 November 2017
Diposting : 11 September 2017 20:23
Redaksi - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
PENDAMPINGAN - Kegiatan pengabdian pendampingan peternak udang galah di Desa Bedulu, Blahbatuh, Gianyar, oleh Universitas Dhyana Pura Bali.

BALI TRIBUNE - Kementerian Riset danTeknologi dan PendidikanTinggi (KEMENRISTEK dan DIKTI) setiap tahun mengadakan program kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Tahun ini, salah satunya diselenggarakan oleh Universitas Dhyana Pura (UNDHIRA) Bali dengan kegiatan pengabdian pendampingan budidaya udang galah di Desa Bedulu, Blahbatuh, Gianyar.

Kegiatan pengabdian ini didampingi oleh dosen dari Program Studi Biologi Universitas Dhyana Pura yakni Ni Kadek Dwipayani Lestari, S.Si.,M.Si. dibantu dosen instruktur dari Universitas Udayana yakni Dr Pande Gde Sasmita dan Ni Kadek Ernawati, S.Kel.,M.Si, bertujuan untuk memberikan solusi dari masalah yang dihadapi peternak udang galah dan penerapan pengetahuan mengenai teknik budi daya udang galah.

Masalah yang dihadapi kelompok peternak udang galah di Desa Blahbatuh, Bedulu Gianyar yang berlokasi di Banjar Margasengkala yaitu mengenai pengetahuan teknik pembesaran udang galah masih minim, sehingga ukuran udang galah setiap kali panen berbeda. Ukuran udang galah menjadi lebih kecil daripada pertama kali panen.

Hal ini disebabkan karena unsur hara tanah yang sudah berkurang. Selain itu masih minimnya pengetahuan tentang syarat-syarat kolam tambak udang galah serta syarat kualitas air dan tanah, dan cara mengatasi hama udang galah. Kegiatan ini terdiri dari empat kegiatan yaitu sosialisasi kegiatan, sosialisasi dilakukan untuk memberikan informasi dan mendiskusikan kepada kedua mitra mengenai jadwal kegiatan yang akan dilakukan.

Sosialisasi didampingi pula oleh Kepala Bendesa Adat Setempat yaitu Bapak Wayan Sudara, S.H. Pendampingan dilakukan oleh tim pendamping dan instruktur, sesi pendampingan dibagi menjadi tiga tahap yaitu pendampingan syarat kolam udang galah, penanggulangan hama, dan ketiga pendampingan mengenai pakan udang galah.

Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan Kelompok mitra dari segi pengetahuan di bidang syarat – syarat kolam tambak, pemberian pakan udang galah yang baik dan benar dan pengetahuan di bidang hama pada kolam tambak udang, terjadinya pengurangan hama keong, telur keong dan lumut sutera serta dapat membantu dalam meningkatkan produksi udang galah.