Diposting : 7 August 2018 21:04
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
POTONG TUMPENG- Menandai pengukuhan pengurus STT Satya Kumara Br.Lebih Celepik Desa Tojan dilakukan pemotongan tumpeng oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Tampak Bupati pada kegiatan dimaksud, Minggu (5/8) malam lalu.
BALI TRIBUNE - Sekeha Teruna Teruni Satya Kumara Banjar Lebih Celepik Desa Pakraman Gelgel, Tojan akhir pekan kemarin melaksanakan pengukuhan pengurus baru. Hadir serangkaian pengukuhan dimaksud, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.
 
Disela-sela pengukuhan itu, Bupati Suwirta menekankan pentingnya generasi muda melalui sekeha teruna (karang taruna,red) menjadi generasi yang tangguh.
 
Bupati juga berharap, keberadaan sekeha teruna tidak sebatas pada perayaan HUT semata namun lebih memposisikan diri sebagai generasi penerus di wilayahnya masing-masing (banjar,red).
 
“ Kita harapkan sekeha teruna menjadi generasi yang tangguh,” tegasnya.
 
Menurut Bupati, sekehe teruna merupakan wadah untuk menampung sekaligus menyalurkan kreativitas generasi muda.
 
Lanjut dikatakan Bupati Suwirta, melalui organisasi itu (sekehe teruna,red), para generasi muda setempat mampu mempersiapkan diri sejak dini sehingga tumbuh kembang menjadi insan yang tangguh dan mandiri.
 
“Sekeh teruna sebagai generasi penerus di banjar merupakan tulang punggung yang harus dipersiapkan dari sekarang agar menjadi generasi muda yang tangguh,” ucapnya.
 
Disamping itu, para generasi muda ini diajak untuk mencintai lingkungan, menjaga adat budaya dan tradisi leluhur. Untukmendukung program pemerintah, Bupati juga memperkenalkan program Entrepreneur (Wirausaha) masuk desa.
 
Diharapkan dengan program dimaksud, generasi muda nantinya mempunyai bekal keterampilan atau keahlian dalam menyongsong masa depan.
 
Beberapa tahun ke belakang, Sekeha  Teruna-teruni (ST) Satya Kumara Banjar Lebah Celepik ini sempat mengalami kevakuman. Berkat inisiatif sejumlah pemuda setempat, Sekeha Teruna inipun diaktifkan kembali.
 
Selanjutnya, mereka (teruna-teruni Banjar Lebih Celepik,red) membentuk kepengurusan baru masa bakti 2018-2021 yang dikukuhkan di balai banjar setempat, Minggu (5/8) malam lalu.
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua STT Satya Kumara, I Putu Dedi Sanjaya Putra menyampaikan, lembaga itu kembali diaktifkan pada 12 Pebruari 2017 lalu. Adapun jumlah anggota mencapai 58 orang.
 
“Dengan dikukuhkannya kepengurusan ini kami berkomitmen untuk terus menjaga tradisi budaya warisan leluhur,” tegasnya.
 
Selain Bupati Suwirta, pengukuhan dihadiri juga Camat Klungkung I Komang Wisnuadi serta perangkat desa terkait di Desa Tojan.