Diposting : 17 October 2017 20:21
Release - Bali Tribune
tokoh masyarakat
Keterangan Gambar: 
Anggota DPR RI, I Wayan Koster bersama Bupati Badung Giri Prasta photo bareng dengan sejumlah pejabat serta tokoh masyarakat se-Desa Batubulan belum lama ini.

BALI TRIBUNE - Anggota Komisi X DPR RI Dr.Ir. Wayan Koster, MM mengapresiasi kebijakan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, yang mengalokasikan sebagian pendapatan yang bersumber dari penyisihan pajak hotel dan restauran (PHR) secara langsung untuk kabupaten lainnya.

Hal ini tegaskan Koster yang lebih dikenal dengan KBS (KBS) saat menghadiri penyerahan hibah dari Bupati Badung kepada Panitia Pembangunan Pura Dalem Segara, Desa Pakraman Batubulan,
Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Minggu (15/10) lalu.
Acara penyerahan hibah juga dihadiri Wakil Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra, Penglingsir Puri Gianyar AA Gede Mayun,  Perbekel Batubulan Dewa Gede Sumerta serta sejumlah Klian Desa Pakraman.

Koster yang selama tiga periode duduk sebagai anggota Badan Anggaran DPR RI ini menyebutkan, tingginya pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Badung yang bersumber dari PHR sektor pariwisata, bukan hanya menjadi hak warga Badung.
Melainkan harus juga dibagi dan dinikmati oleh seluruh masyarakat Bali.

Untuk itu, Koster mengapresiasi kebijakan bupati Badung yang menyisihkan sebagaian pendapatan PHR untuk enam Kabupaten lainnya, yang diberikan secara langsung. “Salah satunya untuk pembangunan Pura Dalem Segara Desa Pakraman Batubulan,” ucapnya.

Dikatakan Koster, khusus untuk pembangunan Pura Dalem Segara Batubulan setahun sebelumnya ia sempat meninjau pura itu. Saat itu masyarakat melalui panitia pembangunan menyatakan, dari total RAB sebesar Rp 5miliar panitia kekurangan lagi Rp 2,7miliar.

"Saat itu kami berembug, saya melalui APBN akan memberikan bantuan, kemudian saya juga meminta Wakil Bupati Gianyar untuk mengalokasikan anggaran, demikian juga dengan Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Gianyar, serta Bupati Badung sata minta juga memberikan bantuan melalui dana PHR. Nah, saat inilah sudah terealisasi bantuan dari Bupati Badung sebesar Rp 500 juta," kata Koster.

Koster berharap,masyarakat yang mendapatkan bantuan agar menggunakannya secara baik, serta dapat menyampaikan pertanggungjawaban agar tidak terjadi permasalahan hukum dikemudian hari.

Sementara itu Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam sambutannya menegaskan, beban krama untuk yadnya tidaklah sedikit dan beban itu kian bertambah seiring kebutuhan dana untuk pembangunan pura.

Untuk itulah, Giri Prasta menyatakan pihaknya berkomitmen membantu masyarakat dalam pembangunan pura, agar dapat meringankan beban masyarakat, termasuk bantuan untuk membangun Pura Dalem Segara Batubulan.

"Mari kita bersama-sama menjaga Bali, menjaga alamnya, menjafa budayanya dengan menjalankan Tri Hita Karana. Hidup segilik seguluk seluwung-luwung sabayan taka menuju Gianyar yang gemah ripah loh jinawi,"kata Giri Prasta.

Usai sambutan, Bupati Giri Prasta kemudian menyerahkan bantuan hibah kepada Ketua Panitia Pembangunan Pura Dalem Segara Batubulan I Ketut Birawa, berupa buku tabungan dengan saldo Rp 500juta.

Pada kesempatan itupula, ketua panitia Pembangunan Pura Dalem Segara Batubulan I Ketut Birawa dalam laporannya mengungkapkan, pembangunan di pura itu dimulai sejak tahun 2015 silam.

Adapun kebutuhan dana bersumberkan iuran krama sebanyak 1.800KK dengan total dana terkumpul mencapai Rp 1,3miliar. Sumber lainnya adalah, bantuan Wabup Gianyar sebesar Rp 300juta, bantuan Koster melalui APBN Rp 400juta dan Bupati Badung sebesar Rp 500juta.