Diposting : 11 August 2017 21:59
Putu Agus Mahendra - Bali Tribune
Hari Veteran
Keterangan Gambar: 
ZIARAH – Para veteran melakukan ziarah ke malam pahlawan pada peringatan Hari Veteran di Kab. Jembrana, Kamis (10/8).

BALI TRIBUNE - Peringatan Hari Veteran di Kabupaten Jembrana, Kamis (10/8), berlangsung khidmat. Selain diikuti oleh para vetran dari Markas Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Jembrana, apel peringatan yang digelar di Taman Makam Pahlawan Ksatria Kusuma Mandala Jembrana diikuti oleh sejumlah oragnisasi kepemudaan. Bertindak selaku pimpinan apel, Ketua LVRI Kabupaten Jembrana, I Ketut Gede.

Tampak juga hadir dan mengikuti apel sejumlah veteran pejuang yang ikut berjuang pada zaman penjajahan Jepang dan Belanda yakni I Wayan Kamer serta sejumlah veteran pejuang dan veteran pembela termasuk para janda veteran. Kendati mereka kini telah memasuki usia seja, namun mereka tetap semangat dan antusias mengikuti seluruh rangkaian acara peringatan. Bahkan I Wayan Kamer yang kini berusia (102) asal Dusun Pangkung Kwa, Desa Penyaringan, Mendoyo tetap semangat meskipun untuk mengikuti apel harus menggunakan tongkat.

Ketua Gede mengatakan pihaknya setiap tahun melaksanakan peringatan dan apel Hari Veteran ini agar sejarah perjuangan bangsa Indonesia selalu terkenang disanubari setiap insane Indonesia terutama kalangan generasi muda sebagai generasi penerus yang mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan oleh para pejuang dan patriot kusuma bangsa. “Dengan meningkatkan kebulatan tekad pengabdian Legiun Veteran RI yang tidak mengenal akhir, kami para veteran akan terus menggaungkan semangat NKRI harga mati,” ungkap purnawirawan TNI AD ini.

Dikatakan penyelenggaraan sosialisasi jiwa semangat dan nilai juang 45 bagi generasi penerus bangsa akan dijadwalkan  dilaksanakan merata ke seluruh wilayah Jembrana. Dengan sosialisasi itu pihaknya berharap bisa merangsang rasa cinta tanah air dan rasa nasionalisme di kalangan generasi penerus semakin tinggi.

Peringatan Hari Veteran tahun ini yakni acara dirangkaian dengan dilanjutkan tabur bunga di TMP serta pembacaan puisi perjuangan oleh seorang siswi SD, Sartika Handayani. Sebanyak 74 veteran dan 147 janda veteran juga menerima bantuan dari para donator dan relawan kemanusian di Jembrana berupa beras dan paket sembako lainnya. Namun hingga berakhirnya seluruh rangkaian peringatan Hari Veteran ini, tidak satupun tampak pejabat yang hadir.