Diposting : 2 July 2018 14:30
Komang Arta Jingga - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Para peserta bimtek KONI Tabanan tampak berpose bersama.
BALI TRIBUNE - Tabanan tidak main-main mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Porprov Bali 2019. Selain kesiapan sarana-prasarana pendukung, kesiapan SDM juga menjadi perhatian. Untuk pertamakalinya KONI Tabanan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) manajemen keolaharagaan  yang digelar selama dua hari Sabtu dan Minggu (30/6-1/7) di Wantilan GOR Dewara Tabanan.
 
Pelatihan  ini digelar untuk menyiapkan SDM  untuk pelaksana teknis pertandiangan di masing-masing cabang olahraga. Setiap cabor mengirim tiga orang peserta  yang ditunjuk menjadi ketua, sekretaris dan bendahara  panitai penyenggara pertandingan di masing-masing cabor.
 
Para peserta  diberikan pelatihan manajemen keolahragaan mulai dari penyampaian proposal penyelenggaraan, perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran sampai sampai pada pelaporan. Pemateri didatangkan dari Bepelitbang untuk perencanaan anggaran, Bakeuda untuk perancangan anggaran dan dari Inspektorat untuk pelaporan penggunaan anggaran sesuai dengan peraturan yang ada.
 
Pasalnya, dana yang digunakan untuk kegiatan Porprov Bali adalah dana pemerintah. Termasuk di dalamnya pos anggaran, pajak dan regulasi lainnya.
 
Selain itu juga mendatangkan pembicara dari KONI Bali yakni IB Dipta yang menyampaikan teknis pelaksanaan Porprov di masing-masing cabor. Cabor diharapkan menyiapkan personel untuk penyelenggaraan pertandingan sesuai hasil rapat kerja KONI Bali.  Pembicara lainnya yakni I Nyoman Yamadhiputra, Binpres KONI Bali yang juga memberikan materi teknis pembuatan proposal pelaksanaan pertandingan sebuah cabor dalam Porprov.
 
Pada hari kedua selain mendapatkan meteri, para peserta juga diwajibkan membuat proposal pertandingan,  time schedule mulai dari pembentukan panitia, pembuatan technical hand book (THB), keperluan standar pertandingan serta anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pertandingan di setiap cabor.
 
Bahkan peserta dari masing-masing cabor langsung mempresentasikan proposal, time schedulle sampai penyusunan rencana anggaram biaya (RAB) yang dibutuhkan untuk terselenggarannya pertandingan pada Poprov.
 
Ketua KONI Tabanan I Dewa Gede Ary Wirawan mengatakan, bimtek menajemen keolahragaan ini merupakan yang pertama digelar di Bali. Digelarnya bimtek ini  sebagai upaya persiapan Tabanan sebagai tuan rumah Porprov. Dalam penyelenggaraan Porprov bukan hanya harus menyiapkan sarana-prasarana pertandingan termasuk penyiapan atlet yang handal, Porprov juga membutuhkan SDM yang handal untuk penyelengaraaan pertandingan.
 
“Dari Bimtek ini, kami berharap Cabor sudah siap menyelengaraan pertandingan di Porprov sesuai dengan standar yang ditetapkan. Apalagi ajang Porprov Tabanan menjadi ajng eveluasi atlet Bali untuk persipan ke PONXX di Papuan tahun 2020 . Kami ingin sukses bukan hanya prtestasi  tapi juga penyelengaraan termasuk pelaporan akhir kegiatan,” jelasnya.H
 
Kegiatan Bimtek ini juga menjadi perhataian ketua umum KONI Bali I Ketut Suwandi berharap  lewat pelatihan ini para peserta bisa memahami teknis pelaksanaaan pertandingan sehingga berjalan  dan sukses. Yang  ujungnya dapat menghasilan atlet  Bali yang berprestasi untuk dipersiapkan ke PON di Papua dan event-event lainnya.
 
Keggiatan Bimtek ini dibuka Wakil ketua IV panitia persiapan Proprov Pemkab Tabanan bidang pertandingan I Gede Susila yang juga Kepala Dinas Pendidikan Tabanan. kegiatan Bimtek diikuti 105 peserta dari 35 Cabor.