Bali Tribune, Minggu 22 Juli 2018
Diposting : 26 April 2018 20:00
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Sudiwadani
Keterangan Gambar: 
Prosesi Sudiwadani seorang wanita dari Blitar Retta Dwi Agustin sebelum melangsungkan pernikahan dengan lelaki pujaannya di Banjar Jelantik Kuribatu ,Tojan Klungkung, Rabu (25/4) kemarin.

BALI TRIBUNE - Dipimpin Ketua PHDI Klungkung Putu Suarta SH dan sekretarisnya, Ketut Ardana, seorang wanita Retta Dwi Agustin(27) asal Dusun Pakol RT 003 RW 002 Banjarsari,Kecamatan Selorejo,Kabupaten Blitar,Jatim melangsungkan prosesi Sudiwadani atau beralih agama menjadi Agama Hindu. Prosesi ini berlangsung di kediaman Wayan Subaga Br.Jelantik Kuribatu,Desa Tojan,KLungkung, Rabu (25/4) kemarin.

Sebelum piagam Sudiwadani ditanda tangani Ketua PHDI KLungkung Putu Suarta, Retta Dwi diwawancarai guna mengetahui kesungguhannya memeluk (menjadi,red) umat Agama Hindu.

” Saya masuk agama Hindu dengan sadar dan iklas tanpa paksaan siapapun juga,”tegas Retta Dwi Agustin.

Pada kesempatan itu, Ketua PHDI KLungkung Putu Suarta menyatakan bahwa dirinya merspon positif keinginan Retta dwi Agustin menjadi umat Hindu.

“ Dengan wawancara yang saya lakukan terhadap Retta Dwi Agustin yang sudah dijawab dengan lugas tanpa ada paksaan dan secara sehat dan sadar itu keinginannya masuk Agma Hindu maka konsekwensinya saudari Retta Dwi Agustin yang bawa dan piagam Sudiwadani ini saya tanda tangani,” ucap Suarta mengingatkan.

Hadir sekaligus saksi prosesi dimaksud,Perbekel Desa Tojan Wayan Suastawa dan perangkat Desa Tojan serta Klian Banjar Jelantik Kuribatu Desa Tojan serta Babinkamtibmas dari unsur Polri maupun TNI.

Pada kesempatan itupula dilaksanakan acara tukar cincin serangkaian perkawinan Retta Dwi Agustin dengan Putu Suantikayasa yang merupakan putra pasangan Wayan Subaga dengan AA Istri Astri.

Usai prosesi Sudiwadani dilanjutkan dengan ritual mabyakawon sebagai simbul pengesahan perkawinan antara kedua mempelai.

Selaku mempelai pria Putu Suantikayasa mengaku plong dengan dilaksakannya prosesi dimaksud sebagai bentuk pengesahan peralihan agama yakni Agama Hindu.

“ Saya sangat berbahagia dengan istri sebelum menikah dengan saya sudah mengikuti ritual Sudiwadani ini dengan kesadarannya sendiri ,”ujarnya bahagia.