Diposting : 15 June 2017 19:21
redaksi - Bali Tribune
PATROLI
Keterangan Gambar: 
PATROLI –Polair Polres Karangasem saat melakukan penggeledahan barang bawaan wisatawan salah satu kapal cepat yang dicegat di tengah perairan untuk diperiksa.

BALI TRIBUNE - Menjelang musim mudik lebaran yang akan berlangsung mulai H-7 (19/5) mendatang, jajaran Polres Karangasem semakin memperketat pengamanan di areal Pelabuhan Padangbai. Tidak hanya itu, sejumlah personel dari Polair Polres Karangasem juga diterjunkan untuk mengamankan wilayah perairan Karangasem selama musim mudik lebaran nanti.

Kasat Polair Karangasem, AKP Made Wartama, kepada wartawan Rabu (14/6) menegaskan, sejak beberapa hari ini pihaknya bersama anggota mulai mengintensifkan menggelar patroli laut di sepanjang wilayah perairan Karangasem, mulai dari perairan Padangbai, Manggis, Candidasa hingga ke Selat Lombok. Selain itu, patroli juga dilakukan di wilayah perairan Amed dan Tulamben yang selama ini menjadi jalur masuk alternatif kapal cepat dan perahu tradisional ke dermaga rakyat di Amed dan Tulamben.

“Kita intensifkan gelar patroli di perairan, selain penyelundupan, fokus utama kita antisipasi jaringan teroris. Karangasem punya banyak jalur tikus, itu yang selalu kita pantau,” ucap Made Wartama.

Saat ini Polair Karangasem sudah memiliki kapal patroli baru yang cukup canggih yakni tipe C-2 2014 Tanjung Muntig. Namun sejauh ini ucap Made Wartama, belum ditemukan adanya aktivitas mencurigakan di tengah perairan, termasuk barang terlarang atau bahan berbahaya yang berusaha diselundupkan ke Bali melalui perairan Karangasem.

 “Selain memantau aktivitas mencurigakan di tengah perairan, kami bersama anggota juga memperketat pengawasan dan pemeriksaan kapal cepat yang mengangkut wisatawan dari Padangbai menuju Gili Trawangan Lombok,” ujarnya. Dan untuk patroli pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak BMKG Wilayah III Denpasar untuk memantau perkembangan cuaca di tengah perairan Selat Lombok.