Diposting : 26 July 2017 20:31
Djoko Purnomo - Bali Tribune
I Dewa Gede Ary Wirawan
Keterangan Gambar: 
I Dewa Gede Ary Wirawan

BALI TRIBUNE - Dari sekitar 250 atlet Tabanan yang bakal dikirim ke ajang Porprov Bali XIII/2017 di Gianyar, tidak sampai 10 persennya, yakni hanya 20 atlet saja yang diberikan target oleh KONI Tabanan meraih medali. Seluruh atlet tersebut saat ini sudah menjalani tes fisik yang dipusatkan di GOR Debes, Tabanan.

Ketua Umum KONI Kabupaten Tabanan, I Dewa Gede Ary Wirawan Selasa (25/7) mengatakan ke-20 atlet yang ditarget mempersembahkan medali bagi kontingen Tabanan, memang merupakan atlet-atlet pilihan yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi karena seringkali berprestasi di kancah nasional kala mewakili Bali.

“Tabanan memang mengandalkan 20 atlet meraih medali. Atlet itu berasal dari 29 cabor yang diikuti. Jumlah itu didapat dari pantauan bersama tim pelatih, Binpres, dant tim pemantau dari KONI Tabanan,” ucap Dewa Gede Ary Wirawan.

Selain 20 atlet tadi, juga ada sekitar 10 atlet lagi yang bisa memberikan kejutan di Porprov. Untuk itu akan lebih fokus menggarap atlet bersangkutan, dan tidak mengabaikan yang lainnya.

“Kami banyak mendapatkan masukan dari setiap cabor. Sebab, mereka sesungguhnya sudah tahu kekuatan dan kelemahan masing-masing kontingen di cabornya. Dan, dari sisi umur masih memungkinkan untuk dua tahun lagi turun di Porprov. Jadi, Tabanan memang siap memberikan kejuatan di beberapa nomor,” beber Dewa Gede Ary Wirawan.

Dan, untuk memantau hasil evaluasi Porprov dua tahun sebelumnya di Buleleng, pihaknya juga mengantisipasi hal tersebut. Faktor nonteknis yang tidak dapat dihindari. “Jadi untuk saat ini kami berupaya memfokuskan menggarap atlet yang meraih medali perak pada Porprov dua tahun lalu, karena itu masih potensial bisa ditingkatkan mejadi medali emas juga melihat kekuatan kontingen lawan,” tandas Dewa Ary Wirawan.

Dewa Ary Wirawan menambahkan, atlet Tabanan sebanyak 250 atlet merupakan atlet-atlet pilihan. Untuk itu, mari buat kebanggaan diri sendiri, untuk keluarga dan daerah Tabanan.

Sementara itu Wakil Ketua I KONI Tabanan, Nyoman Yamadhiputra didampingi Ketua Pelatda Tim Porprov Tabanan, sekaligus Litbang KONI Tabanan I Gede Nyoman Sapta Adi dan Binpres Tugus Palasara mengatakan, pada diri atlet ditanamkan yakin akan juara. Dengan harapan mereka bisa melakukan usaha terbaik. Jadi, prinsip itu harus dikedepankan. Apalagi, 80 persen atlet Tabanan adalah atlet beladiri. Maka pemanasan lebih baik lagi. Tetap berpikir hari ini lebih baik dengan hari yang kemarin.