Diposting : 30 May 2017 19:08
Ketut Sugiana - Bali Tribune
SIDAK
Keterangan Gambar: 
SIDAK - Bupati Suwirta sidak pasar seni semarapura pasca pencurian.

BALI TRIBUNE - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan pemantauan ke Pasar Seni Semarapura, Senin (29/5). Kegiatan ini dilakukan menyusul aksi pencurian yang menimpa dua toko emas di dalam area pasar dan sedang berjalannya proyek penataan sejumlah titik Pasar Seni Semarapura, Klungkung untuk menjadi pasar dengan konsep modern serta.

Didampingi Kadis Koperasi dan Perdagangan, Ardiasa serta Kepala UPT Pasar KM. Widyasa Putra, Bupati Nyoman Suwirta menyusuri seluruh blok yang ada di pasar Seni Semarapura. “Area pasar sudah tampak bersih dan tertata, namun sejumlah pedagang disisi timur pasar menempatkan dagangannya meluber sampai ke bagian trotoar, ini tentunya akan menggangu kenyamanan pembeli yang berjalan kaki,” ujar Bupati Suwirta

Terkait bobolnya dua toko emas, yakni Toko Sari Cahaya dan Toko Pesona Hati di Blok A lantai II pada hari Rabu lalu, Bupati Suwirta langsung memeriksa keadaan layar CCTV diruang jaga keamanan pasar. Bupati Suwirta berharap pengawasan terhadap 16 layar pemantau dilakukan dengan seksama utamanya pada malam hari. Mengingat area pasar semarapura yang sangat luas dan tentunya dengan layar dan kamera CCTV ini akan sedikit dimudahkan.

Ka. UPT Pasar Widyasa Putra mengatakan akan mengevaluasi kinerja petugas keamanan termasuk memberikan pelatihan dan pemahaman fungsi dari sarana prasarana yang ada termasuk CCTV. “Petugas selama ini kurang memahami magsud dan fungsi CCTV, yang sebenarnya adalah membantu petugas dalam memantau situasi dan keamanan pasar, malam ini kebetukan akan diadakan pertemuan seluruh petugas untuk mengevaluasi semua permasalahan  yang ada dilapangan,” ujar Widyasa Putra.

Selain memantau system keamanan pasar, Bupati Suwirta juga mendapati beberapa sudut pasar masih dipergunakan sebagai gudang tempat menyimpan meja dan gerobak berdagang. Sejumlah sudut bangunan juga ditumbuhi tumbuhan liar seperti pohon beringin dan ilalang. Atas kondisi itu Bupati Suwirta pun instruksikan KaUPT Pasar untuk mengawasi kinerja bawahannya supaya bekerja lebih teliti. “Seluruh petugas juga diharapkan lebih pro aktif melakukan penertiban dan pendekatan persuasif terhadap para pedagang yang meletakkan dagangannya di atas trotoar serta penempatan meja dan gerobak pedagang di sejumlah titik pasar, sehingga kenyamanan pembeli tidak akan terganggu, karena kita tengah berupaya membuat pasar ramai dikunjungi masyarakat lokal maupun turis asing,” ujar bupati Suwirta.

Terkait proyek pengaspalan jalan lingkar pasar, Bupati berharap supaya dilakukan dengan sebaik baiknya. Dirinya belum berani berkomntar terkait kwalitas mengingat proyek sedang berjalan. Namun dirinya tetap meminta kwalitas aspal dan pengerjaan supaya dilakukan dengan baik serta dilakukan pengawasan bersama.  “Proyek pengapalan saat ini masih dalam tahap pengerjaan untuk mari kita awasi bersama kwaitas aspal dan pengerjaannya agar dilakukan dengan baik,” ujar Bupati Asal Nusa Ceningan.