Diposting : 18 July 2019 12:39
I Made Darna - Bali Tribune
Bali Tribune/ RONTOK – Genteng Gedung SMPN 2 Unggasan rontok akibat gempa, Selasa (16/7).
balitribune.co.id | Mangupura - Sekolah yang rusak akibat gempa, Selasa (16/7) akan mendapat prioritas penanganan. Hal itu disampaikan kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Badung I Ketut Widia Astika menyikapi sejumlah sekolah rusak pasca gempa, Rabu (17/7) kemarin.
 
Kata dia, pihaknya telah melakukan assessment ke lapangan untuk mengecek kerusakan yang terjadi. “Tim kami di Disdikpora sudah turun langsung untuk mengecek,” ujarnya.
Berdasar data BPBD Badung ada 14 sekolah mulai dari SD mau pun SMP yang mengalami kerusakan. Dominan kerusakan di bagian genteng, atap, plafon dan juga tembok. 
 
Sekda Badung, kata Astika, juga sudah memberikan arahan agar memprioritaskan perbaikan sekolah yang rusak tersebut. “Bapak Sekda juga telah memberikan arahan untuk langsung melakukan pendataan, kerugian apa saja, berapa butuh dana, dan prioritas apa saja yang perlu diperbaiki,” imbuhnya.
 
Setelah selesai pendataan baru dibuatkan perencanaan untuk menghitung anggaran yang diperlukan. Karena penganggaran ini akan dimasukkan di APBD Perubahan 2019 ini. 
 
“Penganggarannya kami optimalisasi di APBD Perubahan, biar cepat bisa diperbaiki. Tapi, kalau bisa diperbaiki di internal, silakan dulu diperbiki sambil menunggu perbaikan dari pemerintah,” tukasnya. (u)