Diposting : 5 October 2016 13:41
Djoko Purnomo - Bali Tribune
sepakbola
IMBANG – Kesebelasan Bali United U-17 ditahan imbang tanpa gol oleh Persibu Buleleng dalam laga terakhir penyisihan grup Piala Suratin Wilayah Bali, di Stadion Yoga Perkanthi Jimbaran, Selasa kemarin.

Kuta, Bali Tribune

PS Badung lolos ke semifinal Piala Suratin Wilayah Bali setelah menang 2-1 atas Perst Tabanan, di Stadion Samudera Kuta, Selasa (4/10). Sementara di Stadion Yoga Perkanthi Jimbaran, Bali United U-17 bermain imbang tanpa gol lawan Persibu Buleleng, sehingga keduanya lolos ke semifinal dari Grup A.

Atas kemenangannya lawan Perst Tabanan, PS Badung keluar sebagai runner Grup B sedangkan pemuncak klasemen dipegang Putra Tresna, dan kedua tim berhak ke semifinal yang mulai dihelat Jumat mendatang di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Dalam laga terakhir penyisihan grup kemarin, PS Badung dan Perst Tabanan langsung menerapkan pola permainan menyerang. PS Badung yang bertindak sebagai tuan rumah, mengendalikan permainan hingga paruh babak pertama. Namun beberapa peluang yang didapat tak juga menggetarkan jala Perst Tabanan yang dijaga Adi Suryawan.

Sementara di kubu Perst Tabanan, asuhan Jovi Adi Saputra mengandalkan serangan balik. Meski banyak menunggu, pemain muda Tabanan justru kerap membahayakan gawang PS Badung. Seperti peluang striker mungil Wahyu Agusta menit 11. Akan tetapi, tembakan Wahyu mampu diamankan kiper PS Badung Ngurah Yogi.
PS Badung yang lebih banyak menguasai bola, justru belum mampu menciptakan peluang emas menjelang menit akhir babak pertama. Sedangkan, Laskar Ciungwanara muda, masih tetap mengandalkan serangan balik, dengan operan jauh. Hingga babak pertama usai, skor sama kuat 0-0.

Babak kedua, Perst Tabanan mengejutkan tuan rumah dengan gol yang diciptakan pemain yang masuk di babak ini, Gede Andika. Gol cepat itu terjadi di menit 53, ketika pemain sayap Tabanan Surya mengirim umpan terukur ke mulut gawang. Andika yang berada dalam posisi tepat, langsung mengarahkan bola ke gawang dengan mudah. 1-0 Perst memimpin.

Keunggulan Tabanan hanya sementara. Berselang enam menit PS Badung menyamakan kedudukan lewat sontekan Yoga memanfaatkan blunder kiper Perst Adi Suryawan yang kurang sempurna mengantisipasi sepakan Saka.

Selepas gol itu, PS Badung akhirnya bangkit. Lewat serangan sporadis, mereka akhirnya memimpin lewat sundulan Ery Pratama di menit 77. Gol itu berawal dari skema tendangan pojok. Gol telat dari Ery tersebut akhirnya menyelamatkan PS Badung sekaligus mengantarkan timnya menuju babak semifinal.

"Ini pertandingan yang ketat. Kami sempat khawatir ketika tertinggal. Beruntung pemain bisa mengikuti arahan dan keluar dari tekanan," ujar pelatih PS Badung Eka Putra usai laga. "Mereka (Perst-red) bermain baik. Tapi hasil akhir menentukan segalanya," sambungnya.

Sementara di kubu Perst, pelatih Jovi Adi Saputra mengaku timnya hanya kurang beruntung. "Evaluasi pemain tak ada. Semua bekerja dengan baik. Kami hanya kurang beruntung," sebutnya.