Diposting : 9 August 2019 16:34
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Bali Tribune/ UVJF - Anom Darsana (keemat dari kiri) foto bersama para punggawa UVJF usai menggelar presscon di Rumah Sanur, Kamis (8/8).
balitribune.co.id | Gianyar - RIBUAN artis dari dalam dan luar negeri siap menghibur para pecinta musik jazz pada gelaran event tahunan “Ubud Village Jazz Festival” (UVJF) 2019, yang bakal berlangsung selama 2 hari (16-17 Agustus 2019).
 
Untuk ketujuh kalinya secara berturut-turut, penyelenggaraan UVJF bakal digelar dibawah kerindangan taman Arma Museum, Ubud. Tahun ini gelaran UVJF akan “membelai” Desa Ubud yang selam ini terkenal dengan nuansa “bohemian”nya. Ajang pentas musik jazz tahunan tersebut akan menampilkan ratusan musisi jazz dari berbagai belahan dunia dengan berbagai sub-genre musiknya yang amat beragam. Adapun tagline UVJF 2019 adalah “Certainly! Indonesia”.
 
Sejak helatan pertama pada tahun 2013, UVJF selalu berkomitmen untuk menjadi sebuah festival yang “ramah lingkungan”. Pada tahun 2019 ini UVJf juga mendukung semangat untuk “melarang penggunaan plastik sekali pakai”, sebagai salah satu bentuk kepedulian sekaligus tanggung jawab sebagai anggota komunitas akan issu lingkungan,” ujar Anom Darsana, salah seorang pendiri UVJF di Rumah Sanur, Kamis (8/8).
 
Seiring dengan perayaan hari Kemerdekaan RI, UVJF 2019 turut menyebarkan optimisme bagi Indonesia yang lebih baik dan maju. Indonesia yang mampu dan siap bersaing secara global. Melibatkan lebih ratusan artis dan musisi jazz dari 8 negara asing (Amerika Serikat, Jerman, Rusia, Belanda, Italia, Australia, Prancis, dan Korea Selatan), UVJF kali ini akan menampilkan berbagai corak jazz yang demikian luas oleh para musisi, baik yang sudah memiliki nama besar maupun musisi muda yang diyakini akan menjadi generasi penerus dan jaminan bahwa musik jazz akan selalu bergaung.
 
Semua ini ditampilkan dalam kemasan nuansa panggung dan area festival yang sangat khas dan jarang dijumpai pada festival-festival di tempat lain. Sehingga event tahunan ini diharapkan tumbuh menjadi salah satu event seni-budaya berbasis komunitas yang amat penting. Mendulang reputasi yang positif dari pelaku, penikmat, dan pemerhati musik jazz, baik lokal maupun internasional. UVJF didukung oleh berbagai Kedutaan Besar negara-negara sahabat, sehingga menjadikan UVJF semakin percaya diri dalam menghadirkan sebuah “perayaan jazz” yang universal.(u)