Diposting : 9 April 2018 14:32
Djoko Moeljono - Bali Tribune
perikanan
Keterangan Gambar: 
KORAL -- Rekernas-I Korps Alumni (Koral) AUP-STP Jakarta-2018 digelar selama dua hari (7-8 April 2018) di Hotel Sari Segara Resort Jimbaran, yang diikuti 200 peserta dari 25 provinsi se-Indonesia.
BALI TRIBUNE - PARA pelaku usaha perikanan di Indonesia, khususnya lulusan Korps Alumni (Koral) Akademi Usaha Perikanan (AUP) Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah (Kementerian Kelautan dan Perikanan/KKP) untuk saling membesarkan dan dapat memperkuat industri perikanan nasional yang berdaulat dan berkelanjutan serta mampu memberikan dampak positif guna mensejahterakan masyarakat.
 
Demikian dikatakan Sekretaris Badan Riset dan Sumber Daya Manusia KKP Dr. Maman Hermawan. MSc., di sela acara Rakernas-I Korps Alumni AUP-STP Jakarta-2018 di Hotel Sari Segara Resort Jimbaran, Sabtu (7/4) malam. 
 
Dalam acara Rakernas yang berlangsung selama dua hari (7-8 April 2018) dan dihadiri sekitar 200 peserta dari 25 provinsi se-Indonesia itu, Maman Hermawan berharap hasil Rakernas kali ini bisa memberikan asupan kepada kebijakan pemerintah (KKP) dalam berbagai aspek, khususnya tentang usaha perikanan di Indonesia. “Mengingat, para alumni AUP-STP ini kebanyakan para pelaku usaha utama perikanan diharapkan dapat menyusun “portofolio industry” perikanan nasional, mulai yang menyangkut SDM sampai usaha tangkap dan konservasinya hingga marketing pasar domistik dan internasional,” kata Maman Hermawan.
 
Ketua Umum Koral AUP-STP (Periode 2017-2022) Jeje Wiradinata menambahkan, pihaknya siap membangun secara internal, almamater serta bersinergi untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam membangun dunia perikanan di Indonesia. “Kami siap menyolidkan para alaumni AUP-STP untuk melaksanakan program penataan organisasi. Jika ada permasalahan maka akan kami lakukan secara dialogis dan komunikasikan dengan baik,” kata Jeje Wiradinata.
 
Ketua Dewan Pengawas Koral AUP-STP, Ir Abdullah Munir mengatakan, tujuan Rakernas ini untuk menghimpun berbagai aspirasi dan masukan yang berkembang di kalangan nelayan di Indonesia. Salah satunya, penyiapan SDM di bidang perikanan dan keluatan juga diharapkan mampu memberi kontribusi kepada pemerintah, terutama terkait dengan penangkaan ikan.
 
Ketua Panitia Rakernas-1 Korps Alumni AUP-STP Jakarta-2018 Hery Arifin Api, MBA., mengatakan, di hari kedua Rakernas, Minggu (8/4), pihaknya menebar seribu bibit Ambalone (kerang) dan 200 ribu nener di perairan Kedonganan, Kabupaten Badung. Tujuan penyebaran benih dua jenis biota laut ini untuk melestarikan kekayaan alam laut Indonesia.
 
Ketut Adil Darme Yase, owner CV Yanidilla Adilindo-tuna processing line, selaku Humas dan alumni AUP-STP Jakarta Angkatan-28 Jurusan Teknologi Pengolahan (1995) turut mensposori makan sashimi gratis dan sepusnya pada acara jamuan makan malam. Pihaknya menyediakan 30 kg ikan tuna sirip biru (Bluefin) selama acara berlangsung.
 
“Kelautan dan perikanan adalah masa depan kita bersama, termasuk anak cucu kita. Jadi, mari semuanya saling bersinergi untuk menjaga aset Nusantara ini. Karena semua anggota Rakernas-I/2018 Koral AUP-STP Jakarta ini adalah alumni lulusan perikanan, semoga ke depan mampu secara berdikari dan menjadi pelaku dari industri perikanan dari Sabang sampai Merauke,” harap Ketut Adil Darme Yase.