Diposting : 18 May 2019 15:53
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Bali Tribune/ Lomba paduan suara Tingkat SMP se-Kota Denpasar di Youth Park, Kawasan Taman Kota Lumintang, Jumat (17/5).
balitribune.co.id | Denpasar - Serangkaian peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap tanggal 20 Mei, ini Pemkot Denpasar menggelar beragam kegiatan. Salah satunya adalah Lomba Paduan Suara tingkat SMP se-Kota Denpasar yang digelar melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Denpasar.  Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra membuka kegiatan ini dengan ditandai penyerahan Piala Bergilir di Youth Park, Kawasan Taman Kota Lumintang, Jumat (17/5).
 
Walikota Rai Mantra menekankan bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional merupakan momentum dalam meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Dimana, dari peringatan inilah lahir tokoh-tokoh pembangunan bangsa.
 
“Tentunya kita sebagai generasi penerus bangsa wajib memaknai peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran dan jiwa nasionalisme,” ujar Rai Mantra.
 
Lebih lanjut dikatakan, hal ini dapat diwujudkan dengan memaknai jiwa heroik para pahlawan yang tentunya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Serta menjadi pedoman dalam melaksanakan pengabdian sesuai dengan profesi. “Mari kita maknai bersama Hari Kebangkitan Nasional ini dengan semangat heroik  untuk bangkit dan bersatu sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini,” jelas Rai Mantra.
 
Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara mengatakan bahwa kegiatan lomba Paduan Suara Tingkat SMP se-Kota Denpasar ini dilaksanakan guna menyambut Hari Kebangkitan Nasional ke-111 yang pada kesempatan kali ini mengangkat tema ‘Bangkit dan Bersatu’. Dimana, terdapat 16 peserta yang turut andil dalam kegiatan yang melombakan dua lagu yakni Lagu I Gusti Ngrah Rai dan Lagu Jempiring Putih.
 
Dari lomba ini nantinya akan dicari enam pemenang yang berhak atas hadiah piala serta bingkisan. Yakni Juara I, II III serta Juara Harapan I, II, III, khusus untuk juara satu berhak atas piala bergilir Walikota Denpasar yang akan diserahkan saat apel peringatan Harkitnas pada 20 Mei mendatang.
 
“Tentunya lomba ini bukan semata-mata untuk mencari juara, melainkan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan mempererat persudaraan dan semangat pantang menyerah,” terangnya.
 
Salah seoarang peserta, Jasen Filip Saputra dari SMPN 7 Denpasar mengaku kagum dapat ikut berpartisipasi pada Lomba Paduan Suara serangkaian Hardiknas Tahun 2019 ini. Pihaknya berharap dapat terus menjadi bagian dari pembangunan bangsa kedepanya.uni