Diposting : 16 August 2019 16:58
Ayu Eka - Bali Tribune
Bali Tribune/Sambut Kemerdekaan RI, Unicorn di Indonesia Sebar 74 Ribu Jaket untuk Mitra Transportasi Online
balitribune.co.id | Denpasar - Rangkaian perayaan menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 mampu menyebarkan semangat perjuangan para transportasi online di Indonesia. Bertepatan momen tersebut, jaket yang merupakan alat pelindung ini dilengkapi warna Bendera Merah Putih sebagai simbol semangat para pahlawan transportasi online dalam melayani mobilitas masyarakat.
 
Guna mendukung penerapan PM12/2019, jaket pengemudi ojek online atau Ojol juga dilengkapi dengan garis reflektif yang akan menyala di dalam gelap dan bersinar jika terkena cahaya untuk memastikan aspek keamanan berkendara. Richard Aditya, Head of GrabBike Indonesia dalam siaran persnya, Jumat (16/8) mengatakan,  layanan transportasi roda dua ini menyebarkan semangat perjuangan kepada lebih dari 74.000 mitra pengemudi GrabBike di berbagai kota di Indonesia dengan membagikan jaket desain baru. 
 
Kata dia, distribusi jaket baru telah dimulai sejak 3 Agustus 2019 dan akan terus dilakukan hingga akhir Agustus 2019 mendatang. Sebanyak lebih dari 74.000 jaket didistribusikan kepada mitra pengemudi di Jabodetabek, Medan, Bandung, Makassar, Yogyakarta, Bali, Semarang dan Surabaya. "Pembagian jaket baru ini juga menjadi bagian dari semangat yang kini telah menjadi salah satu perusahaan rintisan berstatus unicorn di Indonesia," jelas Richard.
 
Pihaknya selalu mendorong para mitra pengemudi Ojol untuk menggunakan atribut lengkap saat bekerja, termasuk helm, jaket resmi, celana panjang dan juga sepatu, guna meningkatkan keamanan maupun kelancaran berkendara. "Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, kami berharap jaket baru ini bisa memberikan semangat juang baru bagi mitra pengemudi di Indonesia, untuk melayani dengan lebih baik dan bersemangat untuk kemajuan Indonesia," katanya. 
 
Sebagai salah satu unicorn di Indonesia dan juga decacorn pertama di Asia Tenggara, Grab senantiasa membawa dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pasalnya di Indonesia bisa memberdayakan mitra pengemudi dan melayani pelanggan di 224 kota di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics merilis studi tentang kontribusi Grab terhadap ekonomi Indonesia yang diperkirakan sebesar Rp 48,9 triliun tahun 2018. Pendapatan mitra pengemudi juga meningkat 113%, rata-rata Rp4 juta setiap bulannya. Sebanyak 29% mitra pengemudi berusia diatas 41 tahun, dan 38% dari total responden sebelumnya tidak memiliki sumber penghasilan.
 
Awal bulan lalu, Grab mengumumkan investasi sebesar USD 2 miliar untuk Indonesia selama lima tahun ke depan melalui modal yang diinvestasikan oleh SoftBank dalam rangka mendukung pengembangan infrastruktur digital di Indonesia. Investasi ini akan disalurkan untuk membangun jaringan transportasi perkotaan generasi selanjutnya, serta transformasi layanan penting seperti industri kesehatan.