Diposting : 10 October 2018 08:25
Ketut Sugiana - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Bupati Suwirta saat menerima atlet paralimpic Kabupaten Klungkung peraih 16 mendali pada Porprov Bali.
BALI TRIBUNE - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta minta agar hasil yang diperoleh di Peparprov Bali VI/2018 dievaluasi untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi di event serupa berikutnya.
 
Permintaan itu disampaikan Suwirta ketika menerima kontingen Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) Bali VI Tahun 2018 Kabupaten Klungkung di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung, Selasa (9/10).
 
Suwirta meminta kepada Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung, Ida Bagus Anom Adnyana agar menganggarkan dana pada tahun 2019 untuk mensuport kegiatan atlet-atlet disabilitas.
 
Kepada atlet, bupati berharap agar tetap berlatih, jangan berpuas diri dengan hasil yang sudah diperoleh.  Suwirta menyarankan kepada pelatih atlet disabilitas agar nantinya para atlet dapat melakukan pelatihan bersama atlet dengan fisik normal sesuai cabang olahraga yang diikuti tetapi dengan porsi latihan berbeda, supaya atle di Klungkung dapat bersama-sama saling memotivasi diri. 
 
Ketua KONI Klungkung, I Wayan Subamia menyatakan kesiapan dan akan terus berkoordinasi dengan Ketua NPC untuk dapat bersama-sama melakukan latihan dan selama melakukan latihan akan difasilitasi KONI Klungkung.
 
Ketua Nasional Paralympic  Comitte (NPC) Klungkung, Ketut Suendra dalam laporannya menyampaikan kontingen Klungkung dalam ajang Peparprov Bali mengirimkan kontingen berjumlah 22 orang. Terdiri dari 17 atlet, 3 Pelatih dan 2 ofisial. 
 
Dari cabang olahraga yang dipertandingkan, kontingen Klungkung meraih 16 medali, terdiri 4 emas yang diperoleh dari cabor atletik nomor tolak peluru putra, atas nama I Ketut Murdana dan dari renang oleh I Kadek Dedy yang memperoleh 3 medali emas di nomor gaya bebas 50m, gaya bebas 100 meter, dan gaya dada 50 meter. 
 
Empat medali perak, 2 buah medali perak pada cabang perlombaan lempar lembing dan lempar cakram diperoleh atlet I Ketut Murdana, satu perak pada cabang perlombaan lempar lembing atas nama I Made Sutama, dan 1 buah mendali perak dari cabang olahraga tenis meja atas nama I Ketut Suendra. 
 
Delapan mendali perunggu, diantaranya  2 mendali perunggu diperoleh I Made Sutama dalam mengikuti perlombaan Cabang Olahraga tolak peluru dan lempar cakram, I Kadek Martana menyumbangkan 3 mendali dari perlombaan cabang olahraga tolak peluru, lempar lembing dan lempar cakram. Sang Ketut Manik Aji menyumbangkan 1 buah perunggu dari cabang olah raga tenis meja.
 
Kemudian I Komang Wardana menyumbangkan 1 perunggu dalam cabang olahraga renang gaya dada 50 meter putra. Dan tim gateball yang beranggotakan I Ketut Murdana, I Made Sutama dan I Wayan Sukariawan menyumbangkan 1 perunggu. 
 
Dengan 16 medali itu Klungkung berada di peringkat 6. Bupati Klungkung menyerahkan bonus secara simbolis kepada para atlet yang sudah berjuang dengan sekuat tenaga sehingga dapat mempersembahkan 16 medali.