Bali Tribune, Sabtu 21 Juli 2018
Diposting : 27 June 2018 12:20
I Made Darna - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
Serangkaian peringatan HLUN XXII di Puspem Badung, Selasa (26/6).
BALI TRIBUNE - Masyarakat diminta lebih peka dan peduli terhadap keberadaan lansia. Pasalnya, pada pase ini kualitas seseorang akan mengalami penurunan baik fisik, psikologis maupun sosial.
 
Itu ditegaskan Bupati Badung dalam sambutannya yang dibacakan  Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Badung IB Yoga Segara saat memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) XXII di Puspem Badung, Selasa (26/6).  Nampak hadir Kadis Sosial Badung I Ketut Sudarsana, pejabat terkait dan ratusan lansia se Badung. Peringatan kali ini diisi dengan pemeriksaan kesehatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan serta hiburan Drama Teater Cupak Gerantang oleh Karang Lansia Desa Penarungan.
 
Yoga Segara juga menjelaskan bahwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk lansia di Indonesia pada akhir tahun 2016 diperkirakan mencapai 26.088.000 jiwa. Dan pada tahun 2020 diperkirakan mencapai 28 juta jiwa.
 
“Tentunya kenyataan ini patut disyukuri, karena usia harapan hidup masyarakat meningkat menjadi 73 tahun. Namun disisi lain kita harus lebih peka dan peduli terhadap keberadaan lansia, karena pada pase ini kualitas seseorang akan mengalami penurunan baik fisik, psikologis maupun sosial,” ujarnya.
 
Untuk itu pemerintah bersama semua pihak ikut peduli, berpartisipasi terhadap keberadaan lansia agar lansia tetap sehat dan bahagia dalam keluarga.
 
“Kami mengajak kita semua terutamanya yang lebih muda untuk berbakti serta hormat kepada kaum yang lebih tua manut sesananing putra yang suputra," terang Yoga Segara.
 
Sementara Kadis Sosial Ketut Sudarsana melaporkan, pemerintah telah menetapkan tanggal 29 Mei sebagai HLUN. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran para lansia, keluarga dan masyarakat akan pentingnya peringatan HLUN dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan terpadu dalam upaya meningkatkan kualitas hidup lanjut usia.  Kegiatan dalam rangkaian peringatan HLUN di Badung adalah mengadakan pembinaan dan pembentukan karang lansia di 15 desa/kelurahan di tiga kecamatan. Di tahun 2018 ini telah terbentuk 39 Karang Lansia dan diharapkan kedepan dari 62 desa/kelurahan semuanya memiliki karang lansia. "Dalam puncak peringatan ini juga dilaksanakan pelayanan kesehatan bagi lansia dan penyerahan secara simbolis pemberian makanan tambahan kepada lansia, serta akan mengadakan tirta yatra ke Pura Gunung Payung, " tambahnya. ana/jro