Diposting : 18 August 2017 20:46
Khairil Anwar - Bali Tribune
TNI AL
Keterangan Gambar: 
Tampak personel dari TNI AL mengibarkan bendera Merah Putih di Pulau Gili Putih, Kamis kemarin.

BALI TRIBUNE - Belasan penyelam membentangkan bendera Merah Putih di perairan Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kamis (17/8). Pengibaran bendera itu bagian dari perayaan  Kemerdekaan RI ke-72 yang dilakukan TNI AL, Pos Celukan Bawang bersama penyelam dari Pos SAR Buleleng dan Dive Master Pemuteran.

Di bawah komando Lettu Laut (P) Agus Toha T, sekitar pukul 11.00 Wita para penyelam mulai menuju titik penyelaman di  lokasi Biorock Structure Desa Pemuteran dengan membawa bendera Merah Putih berukuran 3x2 meter.

“Sengaja kita lakukan kegiatan tersebut di laut karena kami ingin momen HUT RI ke-72 ini kita semua semakin mencintai laut,” ucap Lettu Agus.

Menurutnya, pilihan untuk melakukan kegiatan tersebut di Desa Pemuteran dan sekitarnya, mengingat kawasan tersebut merupakan kawasan wisata dengan keindahan bawah laut yang sudah cukup di kenal dunia. ”Harapan kita semua pihak menjadi lebih tergugah untuk mencintai lautan dan semua biotanya,” imbuh  lulusan Diktukpa TNI AL XLII tahun 2012 ini.

Di hari yang sama, Pos TNI AL Celukan Bawang juga menggelar upacara Detik-Detik Kemerdekaan RI ke-72 di sebuah pulau tak berpenghuni di Desa Sumberkima. Pulau yang dalam peta laut disebut sebagai Kisik Pegametan atau masyarakat sekitar biasa menyebutnya Pulau Gili Putih Sumberkima.

Uniknya, peserta upacara dengan Irup Dan Pos  AL Celukan Bawang Lettu Laut (P) Agus Toha T, berasal dari para pekerja keramba jaring apung (KJA), nelayan dan Kelompok Sadar Wisata Desa Sumberkima bersama siswa Madrasah Aliyah (MA) Sunan Ampel dan dihadiri Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng dan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng.

Menurut Lettu Agus, pihaknya menggagas upacara HUT RI ke-72 di Pulau Gili Putih bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi di antara masyarakat maritime, yang merupakan partner kerja dan kolega Pos TNI AL dalam melaksanakan tugas pokoknya dalam pembinaan teritorial di wilayah dan pemberdayaan masyarakat pesisir.”Mereka (peserta upacara,red) terlihat sangat antusias dan menyambutnya dengan kegembiraan,” tandasnya.

Sementara itu, perayaan yang sama dilakukan Pemkab Buleleng yang digelar di Taman Kota Singaraja. Sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG, sedangkan Komandan Upacara Lettu.Inf. Oky Chandra dari Kompi Bantuan Air Sanih.