Diposting : 14 March 2019 20:41
habit - Bali Tribune
Bali Tribune/sug Tim Penggerak PKK Klungkung rebut juara umum Jambore PKK Provinsi Bali

Semarapura | Bali Tribune.co.id - Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Klungkung kembali meraih juara umum dalam perlombaan serangkaian Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019,  di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Art Centre Denpasar, Rabu (13/3).

Keberhasilan TP PKK Klungkung sebagai juara umum tahun ini merupakan kali ketiga setelah sebelumnya, di tahun 2015 dan tahun 2017, berhasil memboyong piala yang sama. Capaian ini diraih kembali TP PKK Klungkung yang dipimpin Ny. Ayu Suwirta bersama Ny. Sri Kasta kepemimpinannya diperiode kedua. Memenangi empat dari total tujuh perlombaan yang digelar Tim Penggerak PKK Provinsi Bali.

Adapun jenis lomba yang dimenangkan oleh TP PKK Klungkung diantaranya, Juara 1 Lomba yel-yel 10 Program Pokok PKK, juara 1 lomba penyuluhan pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta kasih sayang dalam keluarga, juara 1 lomba penyuluhan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK dan juara 1 lomba gembira (merias wajah dengan mata tertutup).

Menurut Ketua TP PKK Klungkung Ny. Ayu Suwirta mengatakan, tampil kembali meraih sebagai juara umum bukanlah tujuan utama TP PKK Klungkung, melainkan bagaimana mampu memberikan pembinaan-pembinaan kepada anggota maupun kader PKK dibawah serta berani tampil dan bersaing di tingkat Provinsi. “Juara umum kali ini sebagai hadiah di kepemimpinan kami di perioda kedua ini,” ujar Ayu Suwirta.

Prestasi ini menurut Ayu Suwirta tidak lepas dari kerja sama semua anggota disetiap Desa, Kecamatan dan kader PKK. Untuk itu kami berharap apa yang diraih sekarang ini, kedepannya bisa tetap dipertahankan bahkan ditingkatan lebih banyak mendapatkan juara disetiap perlombaan. “Kami mempersiapkan diri selama dua bulan di Rumah Jabatan Bupati, kami akan mempersiapkan lebih dari ini, karena semua kejuaraan yang diperoleh hari ini akan mengikuti perlombaan di tingkat Nasional. Prestasi ini juga berkat dukungan Bupati Klungkung selaku Pembina di Kabupaten serta meminta dukungan, arahan dan motivasi dari ketua TP PKK Provinsi Bali dan Gubernur Bali selaku Pembina TP PKK Provinsi Bali untuk mengikuti perlombaan di tingkat Nasional,” ujar istri Bupati Klungkung ini.

Ketua Panitia Jambore Ni Made Suastini dalam laporanya, jambore tahun ini mengambil tema "Tingkatkan Kinerja Kader PKK Melalui Pengelolaan Administrasi PKK Menuju Tewujudnya Nangun Sat Kerthi Loka Bali". Bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan para anggota PKK, kader dasa wisma serta kader lainnya dalam program pembangunan khususnya 10 program pokok PKK, sehingga mampu memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat demi mewujudkan program Gubernur Bali yakni Sat Kerthi Loka Bali.

“Perlombaan yang diikuti dalam jamboree kali ini sebanyak tujuh jenis, yakni lomba yel-yel 10 program pokok PKK, lomba penyuluhan tertib administrasi PKK, lomba penyuluhan pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta kasih sayang dalam keluarga, lomba penyuluhan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK, lomba penyuluhan hatinya PKK, lomba penyuluhan pencegahan stunting pada balita serta lomba gembira (merias wajah dengan mata tertutup),” ujar Made Suastini.

Puncak peringatan HKG PKK ke-47 tahun 2019 akan berlangsung di Kabupaten Jembrana pada tanggal 27 Maret 2019. Turut hadir dalam sempatan tersebut Ketua TP.PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster TP PKK Kabupaten/Kota se-Bali serta undangan lainnya. sug