Diposting : 22 May 2017 19:27
Ketut Sugiana - Bali Tribune
NGAYAH
Keterangan Gambar: 
Sejumlah perempuan yang merupakan sekeha pengarep Pura Dalem Pemuteran Br.jelantik Kuribatu Desa Tojan Klungkung tarikan Tari Rejuang Renteng serangkaian pelaksanaan pujawali di pura itu, Sabtu 20/5) lalu.

BALI TRIBUNE - Serangkaian dengan rahina Tumpek Krulut pada Caniscara Kliwon wuku Krulut atau tepatnya Sabtu (20/5) lalu. Pura Dalem Pemuteran,Banjar Jelantik Kuribatu Desa Tojan Klungkung menggelar Piodalan. Hadir dalam pelaksanaan ritual tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Bendesa Pura Dalem Pemuteran Jelantik Kuribatu , Made Surata menyebutkan, pujawali di pura itu dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Disebutkan Made Surata, untuk piodalan kali ini, Ida Bhatara Masineb berlangsung pada Selasa (23/5) besok.

Ditambahkan Made Surata, sebelum puncak karya, ritual diawali dengan prosesi mereresik kemudian dilanjutkan dengan mekene kenelan pada Rabu (17/5) lalu.Selanjutnya pada Kamis (18/5) dilaksanakan ritual mendak Bhatare Tirta ke Pura Penataran Pemuteran , Desa Muteran Karangasem oleh karma perngarep.

Jelang pujawali pada Jumat (19/5) lalu ungkap Made Surata, dilaksanakan kegiatan ritual mekarye ulam wewantenan dilanjutkan dengan nedunang Ida Bhatare Sesuhunan yang berstana di Pura Dalem Pemuteran.

 “ Nah bertepatan dengan rahina Tumpek Krulut adalah puncak karya Pujawali Ida Bhatare Pura Dalem Pemuteran Dusun Jelantik Kuribatu DesaTojan. Bagi pengempon sejebag Bali yang belum sempat pedek tangkil menghaturkan bakti masih ada kesempatan pedek tangkil pada Senin (22/5) dan Selasa (23/5) sekaligus upacara penyineban Ida Bhatare,”ucap Made Surata.

Ritual Pujawali di Pura Dalem Pemuteran ini dipuput Ida Pedande Istri dari Gria Jelantik Kuribatu,Tojan. Selanjutnya Ida Bhatare katuran sesolahan berupa Tari Rejang Renteng dan Rejang Dewa yang disuguhkan para istri krama pengarep pura setempat.

“Walaupun sesolahan ini sangat sederhana dan dibawakan oleh sekeha pengarep namun hal tersebut selalu digelar sebagai wujud bakti krama serangkaian upacara di Pura Dalem Pemuteran Dusun Jelantik Kuribatu ini,”pungkasnya.

Sementara dalam kehadirannya ke Pura Dalem Pemuteran, Bupati Suwirta menyempatkan ngaturang punia yang diterima penyarikan Made Sudiantara.

“ Janganlah dilihat besaran punia yang dihaturkan yang penting punia ini bias membawa berkah manfaat untuk kelancaran pujawali di Pura Dalem Pemuteranini,”harap Bupati Suwirta.