Bali Tribune, Kamis 21 Juni 2018
Diposting : 2 June 2018 13:39
Komang Arta Jingga - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
LIBUR – DTW Ulun Danu Beratan, Tabanan tampak ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara terutama dari India saat libur Galungan kemarin.
BALI TRIBUNE - Libur hari raya Galungan dan Manis Galungan, sejumlah objek wisata diserbu wisatawan, salah satunya DTW Ulun Danu Beratan. Dimana rata-rata per hari hampir 3.000 wisatawan baik mancanegara dan domestik berkunjung ke objek wisata ini.
 
Menurut Sekretaris DTW Ulun Danu Beratan, I Wayan Parwata, jumlah kunjungan wisatawan pada libur Galungan dan Manis Galungan kemarin lumayan ramai. Dimana pada liburan Galungan kali ini jumlah kunjungan wisatawan meningkat dibandingkan liburan Galungan sebelumnya.
 
"Jumlah kunjungan wisatawan pada libur Galungan kemarin lumayan ramai hampir 3.000 wisatawan yang berkunjung pada liburan Galungan dan Manis Galungan kemarin. Bahkan ada peningkatan kalau dibandingkan dengan liburan Galungan sebelumnya," jelasnya, Jumat (1/6).
 
Sedangkan untuk kunjungan wisatawan lokal Bali, menurut Parwata tidak terlalu ramai. Namun jumlah umat Hindu yang nangkil untuk sembahyang di Pura Ulun Danu Beratan pada Hari Raya Galungan jumlahnya cukup banyak. "Kalau wisatawan lokal Bali tidak terlalu banyak, tapi umat Hindu yang nangkil untuk sembahyang jumlahnya lumayan banyak. Tapi karena mereka tujuannya untuk sembahyang jadi mereka tidak dikenai tiket masuk," ungkapnya.
 
Parwata menambahkan, untuk kunjungan kali ini didominasi oleh wisatawan dari India setelah itu disusul China. Menurutnya, berdasarkan pengalaman tiap tahun puncak kunjungan dimulai pada pertengahan  bulan Juni.
 
Selain itu, untuk liburan Hari Raya Idul Fitri biasanya jumlah kunjungan wisatawan membludak pada H-7 Idul Fitri. " Kalau berdasarkan pengalaman puncak kunjungan dimulai pada H-7 lebaran, diman nanti jumlah kunjungan mulai ramai, dan biasanya didominasi oleh wisatawan domestik keturunan China," tambahnya.