Diposting : 5 September 2016 10:29
habit - Bali Tribune
motoGP
Keterangan Gambar: 
Maverick Vinales

Silverstone,

Beberapa insiden mewarnai balapan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (4/9) malam. Selain tabrakan di lap pertama, kesialan juga dialami rider Tim Respol Honda, Marc Marquez yang harus rela keluar lintasan sebanyak dua kali.

Pada balapan yang sempat tertunda akibat insiden tabrakan tersebut, pebalap Tim Suzuki Ecstar, Maverick Vinales sukses mengamankan podium tertinggi Silverstone.

Kemenangan ini merupakan yang pertama diraih pebalap berpaspor Spanyol itu. Tempat kedua menjadi milik Cal Crutchlow dan Valentino Rossi melengkapi podium MotoGP Inggris.

Selepas lap ketiga, Maverick Vinales memacu laju kendaraannya dengan kencang. Ia tak terkejar oleh pebalap lainnya, dan begitu nyaman berkendara di posisi terdepan hingga garis finis.

Persaingan justru terjadi untuk memperebutkan tempat kedua dan ketiga. Rossi yang gagal melakukan start dengan baik, sukses menunjukkan tajinya saat memasuki lap 6. Rider asal Italia itu sukses mengasapi Cal Crutchlow dan Marc Marquez untuk mengudeta posisi dua. Namun jelang beberapa lap terakhir, Crutchlow akhirnya berhasil mengambil alih kembali posisi kedua, dan Rossi finis di posisi ketiga.

Meski finis di posisi tiga, namun hal ini sudah membuat The Doctor –julukan Rossi– bangga. Selain bangga dapat naik podium, Rossi juga menanggapi persaingan dengan Cal Crutchlow dan Marquez pada balapan tersebut.

Menurut Rossi, persaingan berlangsung lucu. Namun, lucu yang dimaksud ialah ketatnya persaingan di antara ketiganya. Sejak awal balapan, Rossi, Marquez dan Crutchlow begitu ketat bersaing memperebutkan posisi dua, mengingat pebalap Maverick Vinales sudah meninggalkan rider lain. Baby Alien–julukan Marquez sejatinya berpeluang besar finis di posisi dua.

Namun, karena dua kali keluar lintasan karena gagal mengendalikan sang kuda besi, Marquez harus puas finis di posisi lima. Sementara Crutchlow mampu tampil trengginas dengan menyelesaikan balapan di tangga kedua.

“Saya sangat senang dapat bersaing di balapan kali ini. Sangat lucu ketika bersaing dengan Marquez dan Crutchlow, namun saya senang meraih podium,” jelas Rossi, usai balapan.