Diposting : 23 September 2019 00:08
Hans Itta - Bali Tribune
Bali Tribune/ Wakapolda Bali I Wayan Sunartha
Balitribune.co.id | Denpasar - Wakapolda Bali, Brigjen (Pol) I Wayan Sunartha mendukung adanya program road safety yang sesuai dalam tema Hari Jadi Lalu Lintas Bhayangkara ke-64 bertajuk dengan semangat promoter Korlantas Polri mengoptimalkan pelayanan lalu lintas berbasis teknologi informasi (TI) guna mendukung program Road Safety.
 
"Tentunya saya berharap, di era digital ini Dirlantas Polda Bali mampu mengoptimalkan Pelayanan berbasis IT untuk mendukung program Road Safety itu, dan juga untuk pelayanan yang selalu harus ditingkatkan," kata Wakapolda Bali, Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha, di Denpasar, sebagaimana dilansir Antara, Minggu (22/9).
 
Brigjen Wayan Sunartha menjelaskan selain pelayanan yang harus selalu ditingkatkan, selain itu juga, harus mengedepankan sikap preemtif dari pada represif. Dengan begitu, respon dari masyarakat lebih menunjukkan simpati dari adanya kegiatan Polantas sebagai pelopor keselamatan.
 
"Lalu Lintas ini adalah bagian dari urat nadi kehidupan, lalu menjadi cermin budaya bangsa dan juga refleksi atas modernitas, sehingga dalam berlalu lintas dibutuhkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran," jelasnya.
 
Menurut dia, keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas ini, dipengaruhi beberapa faktor yang dapat menghambat, merusak, hingga mematikan produktifitas. Faktor yang dapat mempengaruhi itu diantaranya faktor manusia, kendaraan, jalanan, lingkungan, alam dan kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat.
 
Dengan begitu, adanya Road Safety Zero Accident menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas keselamatan dalam berlalu lintas.
 
"Jadi dari upaya untuk meningkatkan kualitas keselamatan berlalu lintas, juga ada upaya yang dilakukan dengan membangun IT for road safety, big data dan one gate service," ucapnya. (u)