Berkumpul Penuh Suka Cita, Bupati Tabanan Hadiri RAT KPN Abdi Praja Singasana Jaya | Bali Tribune
Diposting : 19 February 2024 17:54
KSM - Bali Tribune
Bali Tribune / RAT - Bupati Sanjaya  hadiri sekaligus membuka langsung Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPN Abdi Praja yang berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Marya Tabanan, pada Senin, (19/2).

balitribune.co.id | Tabanan - Dorong Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Abdi Praja Singasana Jaya menuju Era Baru, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya,S.E.,M.M, hadiri sekaligus membuka langsung rangkaian acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPN Abdi Praja yang berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Marya Tabanan, pada Senin, (19/2). Hadir pula Wakil Bupati, Sekda, Para Asisten, Inspektur, Jajaran Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Ke Tabanan, Camat se-Kabupaten Tabanan, Ketua Dewan Koperasi Indonesia, Ketua, pengurus KPN beserta seluruh ASN yang menjadi anggota KPN Abdi Praja Singasana Jaya yang berkumpul dalam suasana meliang-liang.

Meramaikan gedung kebanggaan masyarakat Tabanan pagi itu, acara Rapat Anggota Tahunan KPN Abdi Praja kali ini berlangsung diawali dengan kegiatan Jalan Santai, Rapat Anggota Tahunan serta mengundi berbagai hadiah mulai dari sepeda motor honda scoopy, sepeda motor listrik, kulkas, mesin cuci, smart TV 32 inch, tablet samsung, 600 pulpen dan 20 Baju Korpri beserta hadiah menarik lainnya menambah antusias para anggota. Menariknya Bupati Sanjaya beserta jajaran turut larut dalam kegiatan dengan penuh nuansa kekeluargaan tersebut. 

Melalui sambutannya, Sanjaya menilai bahwa jalan ekonomi kerakyatan melalui koperasi adalah jalan terbaik bagi masyarakat untuk bersama-sama mencapai kesejahteraan. Hal ini dikarenakan dalam berkoperasi kita diajarkan untuk bersama mencapai kemajuan, tanpa harus ada yang dikalahkan dan saling mengalahkan yang sejalan dengan ajaran Bung Karno, dimana kesejahteraan dan keadilan sosial menemukan bentuknya secara nyata.

“Berkaitan dengan hal itu, maka dari itu saya sangat mendukung bahkan mendorong sekuat-kuatnya koperasi Abdi Praja agar melakukan langkah-langkah progresif untuk melakukan perbaikan di segala sisi. Tinggalkan cara-cara lama yang sudah tidak sesuai dengan semangat Tabanan Era Baru, lepaskan semua paradigma lama yang sudah bertentangan dengan nilai-nilai keterbukaan. Buktikan bahwa di masa Tabanan Era Baru ini, KPN Abdi Praja menjadi koperasi terbaik dan menjadi percontohan bagi koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Tabanan," ujar Pimpinan nomor satu di Kabupaten Tabanan tersebut.

Sanjaya melalui kesempatan tersebut tidak lupa sampaikan apresiasinya kepada KPN Abdi Praja Singasana Jaya, atas langkah-langkah yang telah dilakukan, dimana telah terjadi berbagai perubahan ke arah yang lebih baik. diantaranya pemakaian aplikasi dalam aktivitas simpan pinjam, perluasan cakupan anggota koperasi, perubahan kantor juga penambahan SDM karyawan. 

“Namun demikian, saya merasakan itu belum cukup jika dilihat dari fondasi koperasi ini yang begitu kokoh di sokong oleh para anggotanya. Sekali lagi kedepan, koperasi ini harus dapat tumbuh menjadi koperasi terbesar di Kabupaten Tabanan, yang tidak saja akan memberikan kesejahteraan kepada para ASN tetapi juga akan menjadi kontributor terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat tabanan, seperti pengentasan stunting dan lain sebagainya. Jika hal ini tercapai, tentu akan semakin mengokohkan keyakinan kita bahwa api semangat Tabanan Era Baru berdampak secara nyata,” seru Sanjaya.

Selaku Ketua KPN Abdi Praja Singasana Jaya, I Gusti Agung Rai Dwipayana,S.Sos.,M.H sampaikan ucapan terima kasihnya kepada Bupati Sanjaya atas kehadirannya sekaligus dukungan dan arahan yang diberikan untuk meningkatkan kualitas koperasi yang terdiri dari 5536 anggota tersebut. “Meskipun KPN Abdi Praja telah menunjukkan perbaikan, kedepan kami akan terus meningkatkan kompetensi sehingga kami bisa meningkatkan sumber daya teknologi informasi sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan anggota khususnya dan dapat berperan serta menjadi mitra pemerintah Kabupaten Tabanan," ucap Dwipayana sekaligus memohon petunjuk dan arahan dari Bapak Bupati demi peningkatan kinerja KPN tersebut.