Hotel Sepi Tamu Digunakan sebagai Tempat Magang | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 16 April 2021
Diposting : 31 March 2021 18:34
Ayu Eka Agustini - Bali Tribune
Bali Tribune / PROTOKOL KESEHATAN - kegiatan magang di hotel ditengah pandemi Covid-19 berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat

balitribune.co.id | Badung – Hotel berbintang yang sepi tamu kini dimanfaatkan oleh sekolah jurusan pariwisata dalam melakukan praktek kerja di industri atau magang. Hal ini dilakukan oleh salah satu hotel yang berada di Kuta Kabupaten Badung. 

Pandemi Covid-19 tidak hanya mengubah kebiasaan sehari-hari dalam melakukan aktivitas, juga sangat berdampak dalam dunia pendidikan. Terutama pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata karena banyak hotel yang tutup, sehingga siswa/siswi tidak bisa melaksanakan magang. 

Mengingat, pelajaran tatap muka sudah dilonggarkan di masa adaptasi kebiasaan baru pasca-pandemi Covid-19, pihak sekolah pun berupaya membantu siswa/siswinya praktek kerja di industri. Salah satu SMK Pariwisata di Badung pun memanfaatkan hotel berbintang yang sepi tamu sebagai tempat magang. 

Hal ini guna memberikan pengalaman nyata kerja di dunia industri yang selama pandemi menjalani pola pembelajaran secara online/daring. Para siswa/siswi jurusan pariwisata tampak antusias mengikuti praktek kerja di hotel berbintang setelah selama 1 tahun tidak ada pembelajaran tatap muka. Kegiatan ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

Meskipun rencana pembelajaran tatap muka di Kabupaten Badung akan dimulai pada Mei 2021 mendatang, karena terdesak kebutuhan kurikulum terutama dalam pemenuhan praktek kerja atau magang, membuat sekolah melakukan pembelajaran tatap muka secara terbatas. 

Hal ini dilakukan pihak sekolah untuk membantu kesulitan para siswa melaksanakan magang, sehingga menggunakan hotel berbintang yang kondisinya saat ini tengah minim tamu yang menginap. Kegiatan tersebut pun telah mendapat izin dari orangtua siswa/siswi. 

Salah seorang pengelola hotel tempat magang siswa/siswi sekolah pariwisata, Agus Tabah, beberapa waktu lalu mengaku dengan adanya magang ini sangat membantu upaya pemeliharaan hotel di masa pandemi, mengingat hanya sedikit petugas hotel yang bisa bekerja. 

"Diharapkan para siswa/siswi ini mendapatkan pengalaman nyata praktek di dunia industri yang selama pandemi ini menjalani pola belajar secara daring," katanya.

Hukum & Kriminal

Terpopuler