Serap Aspirasi Warga di Desa Selumbung, Massker Siap Bantu Pengembangan Wisata dan Air Bersih | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 24 November 2020
Diposting : 30 October 2020 20:24
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / Kampanye Massker di Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, Karangasem

balitribune.co.id | Amlapura - Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Karangasem, Nomor Urut 2, I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Made Sukerana (Massker), makin mendapatkan simpati dan dukungan dari masyarakat di Kabupaten Karangasem. Dalam setiap kegiatan turun melaksanakan kampanye ke tengah masyarakat, Massker selalu mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat yang menginginkan agar I Gusti Ayu Mas Sumatri bersama I Made Sukerana bisa memimpin Kabupaten Karangasem untuk periode kedua.

Salah satunya di Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, Karangasem. Hadir menemui warga untuk mesadu ajeng di senja hari, rombongan Massker diterima dengan hangat dan antusias oleh warga setempat. Hanya saja untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, jumlah warga dalam simakrama yang digelar dalam suasana kekeluargaan tersebut hanya dibatasi sebanyak 50 orang saja.

“Sebenarnya banyak warga yang ingin hadir, tapi untuk mematuhi protokol kesehatan kita batasi 50 orang, dimana yang hadir ini merupakan perwakilan dari kelompok masyarakat termasuk kelompok pelaku wisata,” ungkap I Wayan Tama dan I Nyoman Sumadi, anggota DPRD Karangasem dari Fraksi Golkar yang mengkoordinasikan kegiatan kampanye di Desa Selumbung, Manggis, Jumat (30/10/2020).

Sementara dalam orasi politiknya, Cabup I Gusti Ayu Mas Sumatri dan Cawabup I Made Sukerana, menyampaikan visi-misi dan program kerja Massker dalam lima tahun kedepan, baik pembangunan di sektor kesehatan, pendidikan dan sektor ekonomi. Khusus disektor ekonomi, selama lima tahun menjabat sebagai Bupati Karangasem pada periode pertama, I Gusti Ayu Mas Sumatri menerapkan strategi pembangunan ekonomi dari desa adat, dengan cara mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki oleh desa-desa yang ada di Kabupoaten Karangasem.

“Pembangunan kita mulai dari desa, kita sebelumnya telah berhasil mengembangkan potensi perekonomian di masing-masing desa adat, seperti pengembangan pariwisata spiritual berbasis desa adat. Jadi saat ini sudah banyak desa wisata dan itu cukup memberikan efek domino terhadap peningkatan perekonomian masyarakat desa setempat. Dan ini akan kami lanjutkan dan tingkatkan,” ujar I Gusti Ayu Mas Sumatri. Termasuk kata dia dalam hal perizinan, dimana nantinya pihaknya  akan mempermudah proses pengurusan izinnya.

Masih dalam upaya perbaikan ekonomi, nantinya setelah Pandemi Covid-19 ini berlalu, Massker akan memberikan dana stimulus kepada usaha-usaha kecil dan menengah yang paling terkena dampak Covid-19. “Sektor UMKM jadi perhatian kami, karena itu merupakan sendi perekonomian masyarakat. Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada UMKM, untuk menggeliatkan kembali UMKM tersebut, setelah pandemi berakhir kami akan memberikan dana stimulus kepada usaha-usaha kecil dan menengah,” ucapnya.

Di sektor pertanian, keberadaan Subak menurutnya sangat penting, karena menjadi tulang punggung bagi pertanian di Karangasem. “Kita akan berupaya terus meningkatkan hasil pertanian dengan membantu Subak dan petani, salah satunya bantuan perbaikan saluran irigasi dan bantuan bibit tanaman pertanian,” lontarnya.

“Masih dalam kaitan pengembangan perekonomian di desa, pihaknya sebelumnya telah menandatangani MoU dengan desa adat, sebagai upaya kerjasama pengembangan potensi yang dimiliki oleh desa-desa di Karangasem dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat di desa itu sendiri,” sebut Mas Sumatri.

Sementara itu, dalam kesempatan itu, berbagai aspirasi juga disampaikan oleh masyarakat setempat yang hadir, diantaranya I Wayan Tegteg, pelaku wisata yang juga Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Selumbung, Manggis. Dikatakannya, potensi wisata di Desa Selumbung cukup lengkap, dimana saat ini sedang dikembangkan beberapa obyek wisata, diantaranya obyek wisata air terjun dan Camp Area serta pengembangan agro wisata.

“Obyek wisata ini kami kembangkan secara swadaya, karena kalau menunggu dana desa cukup lama. Untuk itu kami memohon agar nantinya setelah Ibu I Gusti Ayu Mas Sumatri terpilih lagi memimpin Karangasem periode kedua, untuk dibantu perbaikan akses jalan menuju obyek wisata air terjun yang paling atas,” usulnya.

Selain itu, warga lainnya yakni I Wayan Suantara mengusulkan agar nantinya di periode kedua Massker bisa membantu kesulitan air bersih yang dialami oleh warganya, karena berdasarkan hasil pengujian laboratorium yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, Karangasem, sumber air yang berasal dari aliran air terjun itu tidak layak untuk minum. “Nggih kami memohon agar dibantu kesulitan warga kami terlait air bersih,” pintanya.

Seluruh usulan dan aspirasi yang disampaikan oleh warga tersebut langsung ditanggapi oleh Mas Sumatri.an warga tersebut. Dan setelah mendengan berbagai pemaparan dari I Gusti ayu Mas Sumatri dan I Made Sukerana, warga perwakilan dari kelompok masyarakat yang ada di Desa Selumbung tersebut langsung menyatakan kebulatan tekad untuk mendukung dan memenangkan Massker di Desa Selumbung.