Bali Tribune, Sabtu 21 Juli 2018
Diposting : 21 April 2018 14:14
I Made Darna - Bali Tribune
Pendidikan
Keterangan Gambar: 
Ilustrasi siswa jalan tes UNKP.

BALI TRIBUNE - Soal Ujian Kertas Pensil (UNKP) untuk sejumlah sekolah swasta di Kabupaten Badung mulai didistribusikan, Jumat (20/4) siang.

Pendistribusian soal ujian ini mendapat pengawalan dari aparat kepolisian, pihak Disdikpora Provinsi Bali, perwakilan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Badung, para kepala sekolah yang sekolahnya menyelenggarakan UNKP.

Soal UNKP tiba pukul 07.30 Wita di kantor Disdikpora dengan menggunakan mobil box. Setelah dilakukan pemilihan, lalu soal distribusikan langsung. Tapi untuk sementara soal dititipkan di sub rayon terdekat dari sekolah.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikpora Badung I Made Mandi, menyatakan ada sebanyak 11 sekolah dari total 60 sekolah yang mengikuti UNKP. Sementara sisanya yakni 49 mengikuti UNBK.

“Tadi, setelah dilakukan pemilihan, lalu soal kami distribusikan langsung. Tapi untuk sementara soal kami titipkan di sub rayon terdekat dari sekolah, hari H boleh diambil,” ujarnya
Untuk memastikan keamanan soal, pihak sub rayon juga bekerjasama dengan Babinkamtibmas masing-masing wilayah. “Untuk pengamanan soal, pihak sub rayon sudah berkoordinasi dengan Babinkamtibmas setempat,” kata Mandi.

Tahun ini, aku Mandi, siswa yang mengikuti UNKP maupun UNBK di Badung sebanyak 10.192. Sebanyak 7.363 berasal dari sekolah negeri dan sisanya 2.829 adalah berasal dari sekolah swasta. Pelaksanaan ujiannya yakni pada 23-26 April 2018. Menurut rencana jam ujian untuk UNKP akan dilakukan serentak sekitar pukul 10.00 Wita. Sedangkan bagi sekolah yang mengikuti ujian UNBK waktunya mulai pukul 08.00 Wita, dan ada tiga yang melaksanakan tiga sesi.

“Pelaksanaan UNKP dan UNBK waktunya tidak sama, Kalau UNBK dibagi tiga sesi, sedangkan UNKP baru serentak,” tegas Mandi.
Lebih lanjut mengenai mata pelajaran yang diujikan tidak jauh berbeda, yakni hari pertama Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
Hari berikutnya mata pelajaran Matematika, lanjut hari berikutnya lagi Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Dan hari terakhir adalah Mata Pelajaran IPA. “Yang jelas semua sudah siap, sudah tidak ada masalah dengan persiapan baik yang melaksanakan UNKP maupun UNBK,” tukasnya.