Diposting : 27 December 2017 18:50
Hendrik B Kleden - Bali Tribune
Baksos
Keterangan Gambar: 
Anggota SKIn Balsel Insert ; Tim medis sedang melakukan pemeriksaan kesehatan para pegungsi di Posko Pengungsian Gunung agung belum lama ini.

BALI TRIBUNE - Bersamaan  acara deklarasi,  komunitas mobil Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIn) chapter Bali Selatan (Balsel)  menggelar Baksos untuk pegungsi Gunung Agung, belum lama ini.

Baksos berupa chek up kesehatan dan pemberian obat gratis itu dipusatkan di empat posko pegungsi kecamatan Sideman, Karangasem. Keempat posko dimaksud antara lain, Posko Lapangan Memed Sinduwati, Pasar Sinduwati, Mijil Desa Sangkan Gunung serta Posko Sanggem Desa Sangkan Gunung.

Melibatkan empat  tenaga medis anggota SKIn Balsel, dr Yoki Duarsa ditemani sang istri yang juga tenaga medis di RS Kasih Ibu, Yeni, dr  Suta tenaga medis di RSUP Sanglah serta Bidan UPDT Kesehatan Sideman, Nengah Pujiana. Mereka  memeriksa  tekanan darah serta kesehatan pegungsi.

Kepala Dusun (Kadus) Desa Sangkan, Wayan Raka Manuaba SH mengaku bangga dan senang dengan Baksos yang diadakan SKIn Balsel ini.

“Momentnya sangat bagus, karena hari minggu biasanya jarang ada petugas kesehatan yang ke Posko. Ini benar-benar sangat membantu warga kami. Terima kasih SKIn Balsel,’’ kata Raka Manuaba.

Sementara koordinator Baksos, Nengah Puji menjelaskan, obat-obat ini merupakan bantuan langsung yang diambil dari kas SKIn Balsel termasuk dana dari sponsor,PT Sejahtera Indobali Trada, main dealer Suzuki R4 vwilayah Bali.

“ Total pasien yang berobat 123 pasien dengan jumlah keluhan paling banyak penyakit saluran atas atau ISPA,”kata satu-satunya anggota wanita SKIn Balsel yang akrab  di sapa Bunga ini.

Menyusul Surat Keputusan Nation nomor 036/SK.Peng.Chapter/XI/2017 tentang Pengesahan Penggurus Skin Chapter Bali Selatan, Sabtu (23/12) bertempat di  desa Tebola, Sideman,  Karangasem, SKIn Balsel di deklarasikan.

Menurut Wawan Murtoyo, dengan dideklarasikan SKIn Balsel  maka saat ini SKIn Blasel resmi menjadi bagian dari SKIn national dan berada di bawah Pengda Bali Lombok.
“ Deklarasi ini juga diharapkan makin menambahkan kesolidtan SKIn Balsel  terutama semangat persaudraan sesuai dengan misi dan visi yang telah disepakati,’’ kata Wawan.
 
Puncak deklrasi  ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh ketua SKIn Balsel, Wawan Murtoyo untuk selanjutnya diserahkan ke dr Yoki Duarsa (ketua Pengda SKIn Bali- Lombok) serta Tangkas (Perwakilan SKIn Chapter Bali).
 
Acara kemudian ditutup dengan pengundian nomor lambung dan pembagian  stiker.