Diposting : 24 July 2018 10:11
Djoko Moeljono - Bali Tribune
Keterangan Gambar: 
MATSURI – Ajang tahunan “Bali Japan Matsuri”, hasil kolaborasi API Magazine dan Ayodya Resort Bali bakal digelar kawasan pariwisata ITDC, Nusa Dua, selama tiga hari (27-29 Juli 2018).
BALI TRIBUNE - Untuk kedua kalinya, ajang tahunan “Bali Japan Matsuri” kembali digelar di Beach Garden Ayodya Resort Bali, yang terletak di kawasan pariwisata Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC), Nusa Dua. Hasil kolaborasi API Magazine dan Ayodya Resort Bali ini bakal digelar selama tiga hari (27-29 Juli 2018).
 
“Tahun ini adalah untuk kedua kalinya “Bali Japan Matsuri” diselenggarakan, sekaligus untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Jepang melalui seni dan budaya. Juga guna memeriahkan suasana liburan keluarga, diperkirakan akan dihadiri oleh sepuluh ribu pengunjung dari semua kalangan. Salah satu yang melatar-belakangi acara ini adalah; Indonesia dan Jepang memiliki hubungan yang erat dalam sejarah, ekonomi dan kebudayaan,” ujar Rini Hertamawati, selaku Director of Sales & Marketing API Magazine di Nusa Dua, kemarin.
 
Dady Primady Muljadi (Assistant Director of Marketing & Communications Ayodya Resort Bali) menuturkan, hal ini sekaligus menjadi tujuan diselenggarakannya acara ini. “Saat ini, semakin banyak wisatawan mancanegera yang tertarik untuk mempelajari seni dan budaya Indonesia, begitu juga sebaliknya tak sedikit di antara masyarakat Indonesia yang ingin mempelajari budaya Jepang,” kata Dady Primady Muljadi.
 
Para pengunjung juga dapat menggali berbagai informasi tentang Jepang seperti, belajar mengenal aneka seni dan budaya Jepang juga promo tiket murah untuk berwisata ke Jepang. Selama acara, para bisa berfoto di “wall of fame” bersama cosplayer, serta menikmati makanan khas Jepang, yaitu ramen yang memiliki citarasa paling enak dan lezat.
 
Senior Sales & Marketing API Magazine, Muh Arifai menambahkan, untuk menyemarakkan acara tersebut juga bakal digelar body painting, cosplay photo contest, performance cosplay, dance, tuna cutting fish performance, Japanese Corner, games, doorprize, dan cinema caravan persembahan The Japan Foundation. Sebagai puncak acara bakal dihelat “International Red–White Singing Festival”, menampilkan 18 finalis yang lolos dalam tahap audisi dan seleksi.
 
“Pokoknya, dalam festival kali ini para “Japan Lovers” akan dimanjakan dan bisa menemukan serta menikmati semua hal tentang Jepang, bahkan seolah tengah berada di Jepang, mulai dari makanan, tradisi, pernak-pernik merchandise hingga dekorasi khas Jepang,” kata Muh Arifai.