Diposting : 15 May 2019 19:58
Djoko Purnomo - Bali Tribune
Bali Tribune/ Putu Yudi Atmika
balitribune.co.id | Denpasar - Satu dari dua atlet panjat tebing putra Bali, Rifaldi Ode Ridjaya akhirnya menghuni pelatnas Pra Olimpiade 2020 mendatang. Sayangnya, masuknya Ode (sapaan Rifaldi Ode Ridjaya,red) itu tak diikuti rekannya Temi Teli Lasa, yang sebelumnya juga turut berlatih di pelatnas.
 
“Surat panggilan itu kami sudah terima. Memang di tim pelatnas Pra Olimpiade itu atlet yang dipanggil terutama Ode, diutamakan karena Ode bagus khususnya di nomor triathlon yang merupakan gabungan dari nomor speed, lead dan boulder,” ungkap Ketua Umum Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali, Putu Yudi Atmika, Selasa (14/5).
 
Mengenai kegagalan Temi, Putu Yudi Atmika menyebut karena atlet yang juga suami pemanjat tebing putri andalan Bali, Nadia Putri Virgita itu kalah bersaing khususnya di nomor speed. Sebab, lanjut dia, untuk triathlon nomor speed sangat penting.
 
Yudi Atmika memahami semua itu, katene memang Temi lebih kuat dan matang di nomor spesialisasinya, yakni lead dan boulder. Di dua nomor itu Temi menjadi andalan Bali di ajang nasional.
 
“Ada sisi positifnya juga kegagalan Temi menghuni tim pelatnas Pra Olimpiade, karena dengan demikian Temi bisa berkumpul lagi dengan pelatda panjat tebing Bali yang kami gelar, dan Temi akan bisa menjadi kapten atau mengkoordinasi tim putra bersama Nadia untuk kapten di tim putri,” ucap pria yang juga Wakil Sekretaris KONI Bali itu.
 
Sementara untuk Ode, diharapkan terus memacu kualitasnya di tim pelatnas Pra Olimpiade Indonesia khususnya di nomor triathlon, karena nantinya di PON XX/2020 di Papua, nomor itu dipertandingkan.
 
“Dengan status Ode itu, maka Ode sendiri akan bisa lebih matang dan lebih siap menatap Pra PON maupun PON Papua nantinya. Apalagi di tim pelatnas ditukangi oleh para pelatih yang memang mumpuni di nomor triathlon,” ujarnya.
 
Yudi Atmika berharap semoga Ode nantinya ketika dikirim mengikuti event interasional atau try out keluar negeri bisa memberikan prestasi yang mengharumkan nama Bali dan Indonesia.