Pengabdian Kepada Masyarakat di Pantai Impos, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 25 Juni 2024
Diposting : 11 November 2023 14:33
ARW - Bali Tribune
Bali Tribune / PKM - FK Unud melaksanakan PKM berupa penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan kepada penyelam tradisional ini dilaksanakan pada Minggu (5/11) di Pantai Impos, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

balitribune.co.id | Mataram - Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) kolaborasi dengan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK Unram). Adapun unggulan FK Unud di bidang travel medicine memiliki cakupan yang serupa dengan bidang unggulan kedokteran kepulauan dari FK Unram. Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) FK Unud sebagai realisasi kolaborasi PKM unggulan nasional. PKM berupa penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan kepada penyelam tradisional ini dilaksanakan pada Minggu (5/11) di Pantai Impos, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. 

Acara ini dibuka oleh Dekan FK Unud, Prof. Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes., dimana dalam sambutannya Prof. Januartha menekankan pentingnya kolaborasi dalam mewujudkan visi dari institusi dan mengharapkan agar kegiatan kolaborasi program unggulan antara FK Unud dan FK Unram dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan cakupan yang lebih luas. 

Kegiatan ini diisi oleh narasumber berpengalaman dari Unit Travel Medicine dan Laboratorium Unggulan Kesehatan Kepulauan FK Unram. 

Adapun topik penyuluhan yang diberikan adalah Waspada Sengatan Hewan Laut yang dibawakan IBN. Putra Dwija, Ph.D., Mengenal Bahaya Barotrauma saat Menyelam, serta Persiapan Fisik sebelum Menyelam yang dibawakan oleh Govinda Vittala, S.Ft., M.Fis. Sedangkan kegiatan pemeriksaan kesehatan dilaksanakan oleh dosen-dosen di lingkungan FK Unud dan kegiatan PKM ini juga didukung oleh tenaga kependidikan di lingkungan FK Unud. 

Fery sebagai perwakilan nelayan tradisonal mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan sehingga para nelayan tradisional dapat menyelam dengan aman dan mengharapkan kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Sumber: https://www.unud.ac.id