Sembuh dari Demam Berdarah, Tesa Berterima Kasih Dengan Adanya Kemudahan Dari JKN-KIS | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 16 Oktober 2021
Diposting : 21 June 2021 14:09
RG/EK - Bali Tribune
Bali Tribune / Tesa

balitribune.co.id | Denpasar – Sempat terkena demam berdarah, menjalani rawat inap dan mendapatkan serangkaian pengobatan di Rumah Sakit, Tesa merasa sangat bersyukur lantaran semuanya telah dicover oleh Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Tesa seorang gadis berumur 20 tahun ini adalah peserta JKN-KIS kelas 3 segmen Penerima Bantuan Iuran Pemerintah (PBI APBN). Pemilik nama lengkap Tesalonicka Betty Naomi Narutama mengaku merasakan langsung serta merasa puas dengan manfaat yang diberikan program JKN-KIS dan ia pun berkenan untuk membagikan kisahnya.

"Gejala awal yang saya rasakan adalah tidak enak badan, nyeri dan sering mual hingga muntah, dan saya mengadu kepada orangtua, kemudian orang tua saya langsung mengajak saya untuk berobat ke Puskesmas," jelas Tesa.  

Setelah diperiksa oleh dokter, ternyata Tesa didiagnosa mengidap penyakit demam berdarah dan diberikan surat rujukan untuk ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan medis secara intensif.

“Di rumah sakit saya menjalani rawat inap selama 7 hari, pelayanannya sangat bagus dan saya tidak merasakan adanya diskriminasi kepada saya peserta JKN-KIS kelas 3 dengan pasien lainnya, ujar Tesa.

Tesa mengaku Ketika dirinya menggunakan JKN-KIS mendapatkan kendala yang berarti dan dirinya mengaku puas dengan semua pelayanan kesehatan yang ia dapatkan hingga sembuh dan diperbolehkan pulang. Selain itu Tesa mengatakakan jika sang ayah pun merasa sangat terbantu dengan adanya Program JKN-KIS di tengah keluarga mereka yang sederhana.

Gadis belia ini turut menyampaikan harapannya terhadap program JKN-KIS, ia berharap program JKN-KIS  akan terus berjalan agar tidak ada lagi ketakutan bagi setiap masyarakat yang sakit untuk berobat hanya karena tidak memiliki biaya.

Program JKN-KIS telah membantu jutaan masyarakat dan selalu berkembang mengikuti kemajuan zaman untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat. Selain fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan yang telah tersebar di seluruh penjuru Indonesia, kemudahan mengakses pelayanan di masa pandemi juga semakin mudah dengan berbagai fasilitas secara online melalui aplikasi mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatapps (Pandawa) serta Care Center BPJS Kesehatan 1500400.