Sisir Persawahan, Polisi Payangan Vaksin Warga saat Bertani | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 27 November 2021
Diposting : 4 November 2021 14:58
ATA - Bali Tribune
Bali Tribune / VAKSINASI - Polisi Payangan Jemput bola dengan melakukan vaksinasi petani saat di sawah

balitribune.co.id | Gianyar - Meskipun jumlah warga tercecer yang belum divaksin semakin menipis, Kapolsek Payangan tidak ingin ada yang tertinggal. Lantaran banyak warga yang jarang bahkan sulit ditemui dirumahnya, petugas pun harus menjemput warga ini ke  kebun di  tegalan dan  persawahan.

Bersama Nakes dari UPTD Puskesmas Payangan, Jajaran Polsek Payangan terus "berburu" warga yang belum kebagian vaksin dengan beragam kendala.  Aksi jemput bola yang dilaksanakan petugas pun masih ada sejumlah kendala. Karena  saat petugas datang, pemilik rumah justru tidak ada, karena sedang beraktivitas di ladang maupun sawah. Tak mau bolak balik lagi, petugas pun tidak ingin menunda lagi dan langsung mencari warga ke kebun ataupun sawah.

"Di Desa Kerta, memang kebanyakan warganya sebagai petani. Karena sulit ditemui di kediamannya, yang kita arahkan Bhabinkantibmas dan petugas vaksi untuk jemput bola ke kebun sekalian," ungkap Kapolsek Payangan AKP I Putu Agus Ady Wijaya, Kamis (4/11).

Disebutkan, langkah ini dilakukan tujuannya hanya satu, yakni memastikan Vaksinasi Door To Door dilaksankan secara tuntas.  Karena percepatan program vaksinasi  akan menekan penyebaran virus Covid-19, khususnya di Payangan. "Vaksinasi Door to Door di Desa Kerta ini, kami menyasar Lansia. Karena, masih banyak yang tercecer dengan sejumlah kendala. Tentunya vaksinasi dilaksanakan setelah diperiksa dan jika keadaan memungkinkan akan dilaksanakan Vaksin," terangnya.

Ditambahkan oleh Kepala UPTD Puskesmas Payangan, dr Made  Arisani, mengatakan bahwa dengan sistem Jemput Bola ini, pihak  akan tahu secara Riil keadaan para lansia yang belum di vaksin,  dan dari hasil penelusuran ditemukan bahwa rata-rata para lansia yang belum tervaksin dalam keadaan sakit dan ada pula lansia yang enggan meninggalkan ladangnya.   Sesuai dengan jumlah total warga yang divaksin paparnya, pihaknya melayani vaksin untuk 115 orang .  Vaksin pertama sebanyak  107 orang,  vaksin kedua 8 orang. " dengan cara ini kita ingin   segera  mencapai herd immunity di Wilayah Kecamatan Payangan," harapnya. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler