Desa Gulingan Bakal Bangun TPST-3R | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 07 Oktober 2024
Diposting : 3 May 2021 00:40
I Made Darna - Bali Tribune
Bali Tribune/TPST - Wabup Suiasa saat memimpin langsung peninjauan lokasi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) berbasis 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Desa Gulingan, Kamis (29/4/2021).
balitribune.co.id | Mangupura - Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi, Badung bakal memiliki Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) berbasis 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang lokasinya ditinjau langsung Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Kamis (29/4) lalu. Wabup Suiasa meminta lokasi TPST supaya tidak berada pada kawasan permukiman.
 
”Secara teknis lokasi TPST supaya tidak di kawasan permukiman dan lahan sekitar masih kosong, sehingga ke depannya kita bisa membuat formulasi yang terbaik untuk masyarakat dan pemerintah daerah sehingga antara kondisi legalitas hukum terhadap tanah dengan pemanfaatannya agar sesuai,” pesan Suiasa.
 
Pihaknya juga menegaskan kendati di tengah wabah virus Corona ini, persiapan pembangunan TPST dengan konsep 3R tidak bisa dikesampingkan begitu saja sehingga pihaknya selalu dan terus berupaya semaksimal dan secepat mungkin menyelesaikan masalah sampah ini sesuai target mendatang yang sudah mandiri dalam pengelolaan sampah. 
 
“Jadi nanti di TPST ini jika kemudian masih terdapat sampah residu yang sudah tidak bisa diolah lagi, maka dibawa untuk dimusnahkan dengan menggunakan mesin incinerator,” katanya.