BRI Antisipasi Kebutuhan Masyarakat Selama Libur Lebaran, Siapkan Kas Rp 1,5 Triliun | Bali Tribune
Diposting : 27 April 2022 12:15
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / MELAYANI - petugas BRI saat melayani nasabah
balitribune.co.id | DenpasarBank Rakyat Indonesia (BRI) berkomitmen untuk memberikan layanan perbankan yang optimal selama periode libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Regional CEO BRI Denpasar (Bali-Nusa Tenggara), Rudy Andimono dalam siaran persnya Rabu (27/4) menyampaikan, BRI akan tetap buka dengan memberikan layanan terbatas pada tanggal 30 April, 4 dan 7 Mei 2022.
 
Layanan terbatas BRI akan hadir di 29 Unit Kerja BRI di Provinsi Bali, NTB, dan NTT.  Adapun Unit Kerja BRI di Bali yang melayani layanan terbatas diantaranya, Kanca Gajah Mada Denpasar, Kanca Negara, Kanca Semarapura, Kanca Bangli, Kanca Kuta, Kanca Gianyar, Kanca Singaraja, Kanca Gatot Subroto, Kanca Amlapura, dan KCP Hayam Wuruk Denpasar. 
 
Sedangkan untuk wilayah NTB, layanan terbatas akan dilakukan di Kanca Mataram, Kanca Sumbawa Besar, Kanca Raba Bima, Kanca Selong, Kanca Dompu, Kanca Praya, KCP Sriwijaya, dan BRI Unit Taliwang. Di wilayah NTT, nasabah bisa mendapatkan layanan terbatas di Kanca Maumere, Kanca Waingapu, Kanca Ruteng, Kanca Kupang, Kanca Ende, Kanca Soe, Kanca Larantuka, Kanca Waikabubak, Kanca Kefamenanu, Kanca Bajawa, dan KCP Labuan Bajo.
 
Layanan terbatas BRI akan melayani setoran penerimaan negara, setoran BBM, layanan pick up service ASDP, layanan cash pick up dan delivery PT. Pos Indonesia, layanan penyaluran gaji pensiun serta kebutuhan nasabah umum yang bersifat darurat seperti layanan pengaduan, pembukaan rekening simpanan, penarikan dan penyetoran rekening simpanan dan pinjaman, pelayanan kartu debit BRI, registrasi fasilitas e-banking BRI, dan lainnya.
 
Rudy menuturkan, sebagai langkah antisipasi kebutuhan masyarakat akan uang tunai, BRI Regional Office Denpasar juga telah mempersiapkan kebutuhan kas dengan total Rp1,5 triliun yang dialokasikan untuk mesin ATM, CRM, dan juga untuk layanan Unit Kerja Operasional (UKO). Jumlah ini juga telah mempertimbangkan adanya migrasi atau bergesernya pola transaksi nasabah BRI dari sebelumnya transaksi tunai menjadi transaksi digital atau non-tunai. 
 
"Selain outlet konvensional, masyarakat memiliki alternatif lain untuk mendapatkan layanan keuangan BRI diantaranya melalui 769 mesin ATM, 411 mesin CRM, dan 27.115 Agen BRILink yang tersebar di Provinsi Bali dan Nusa Tenggara," jelasnya. 
 
Agen BRILink memberikan layanan transaksi perbankan seperti transfer, setor dan tarik tunai, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, dan transaksi lainnya. Melalui kemudahan akses layanan perbankan, BRILink dapat menjangkau masyarakat lebih dekat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. 
 
BRI juga mengimbau nasabah untuk dapat bertransaksi secara cashless dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital. Selain dapat menggunakan Internet Banking BRI, salah satu layanan digital banking BRI yang dapat digunakan adalah aplikasi BRImo.
 
Kenyamanan dan kemudahan transaksi yang diberikan oleh BRI tersebut diharapkan dapat diimbangi dengan kehati-hatian nasabah. "Jagalah selalu kerahasiaan nomor PIN, pastikan selalu memeriksa dan menghitung uang sebelum meninggalkan teller, dan apabila memerlukan informasi lainnya dapat menghubungi call centre BRI 14017 atau 1500017," tutupnya.