Pengelola Bandara Ngurah Rai Bersama Komunitas Pariwisata Kenalkan Batik sebagai Warisan Budaya Indonesia | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 01 Desember 2024
Diposting : 3 October 2023 20:45
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / MENGENAKAN BATIK - Pengelola bandara saat mengenalkan batik kepada penumpang di Terminal Keberangkatan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai bertepatan momen Hari Batik Nasional

balitribune.co.id | Kuta - Pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai kenalkan batik ke wisatawan asing di terminal keberangkatan internasional bandara setempat, Senin (2/10). Hal ini sebagai salah satu upaya untuk ikut menjaga warisan budaya Indonesia yang telah mendunia bertepatan momen Hari Batik Nasional pada 2 Oktober. 

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali, Handy Heryudhitiawan mengatakan, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali sajikan hiburan bagi para pengguna jasa di terminal kedatangan internasional melalui pertunjukan Tari Kecak khas Pulau Bali. Semarak perayaan Hari Batik Nasional juga terasa di area keberangkatan domestik dan internasional melalui pembagian cenderamata kepada para pengguna jasa berupa slayer dan udeng bermotif batik.

Kata dia, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali dan unsur komunitas pariwisata yaitu dari Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Bali berkolaborasi mengenalkan batik kepada penumpang di bandara setempat. "Memperingati Hari Batik Nasional kami di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali menggelar kegiatan untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan pengalaman yang mengesankan bagi para pengguna jasa,” katanya.

Ia mengatakan, saat pertunjukan Tari Kecak yang digelar di sore hari, terlihat antusiasme dari para pengguna jasa yang menyaksikan, khususnya penumpang mancanegara yang menyambut baik karena ini menjadi suatu pengalaman tersendiri.  "Karena dapat menyaksikan budaya khas Indonesia di bandara. Saya lihat tadi banyak yang mengabadikan kesempatan pengalaman terbaik ini,” tambah Handy.

Dirinya meyakini, ditengah peningkatan trafik penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali juga diimbangi dengan senantiasa meningkatkan kualitas layanannya. "Kami sudah rutin melakukan kegiatan tematik seperti ini. Tujuannya tentu untuk menciptakan pengalaman menyenangkan bagi penumpang, meningkatkan pelayanan sekaligus memperkenalkan budaya dan seni Indonesia khususnya Pulau Bali. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali merupakan salah satu pintu gerbang masuk di Pulau Bali, untuk itu layanan harus terus ditingkatkan dalam menjamin sambutan awal yang baik bagi penumpang,” ungkapnya.

Berdasarkan data kinerja operasional bandara, saat ini rata-rata penumpang harian yang dilayani di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali adalah sejumlah 63 hingga 65 ribu penumpang per hari dengan komposisi penumpang internasional sebanyak 54 persen dan domestik 46 persen. Sementara untuk pergerakan pesawat yang dilayani adalah sebanyak 327 pergerakan per harinya.