Jelang Pengumuman Rekomendasi, Paket Sandi Santer Terdengar | Bali Tribune
Diposting : 4 August 2024 22:30
JIN - Bali Tribune
Bali Tribune / Sekretaris DPC PDIP Tabanan, I Nyoman Arnawa, saat dijumpai pada Minggu (4/8).

balitribune.co.id | TabananPaket I Komang Gede Sanjaya dan I Made Dirga (Sandi) santer terdengar menjelang pengumuman rekomendasi calon bupati dan wakil bupati Tabanan dari PDIP. Paket itu mencuat ke permukaan di sela-sela pendidikan kader legislatif PDIP Tabanan yang lolos dalam Pemilu 2024-2029 di Wisma PLN, Bedugul, pada Sabtu (3/8).

Merespon hal tersebut, Sekretaris DPC PDIP Tabanan, I Nyoman Arnawa, mengaku tidak mengetahui persis hal tersebut. Meski ia mengaku mendengarnya dari beberapa kader lainnya.

“Saya secara pribadi tidak melihat itu karena saya kemarin menjadi sekretaris panitia penyelenggara (pendidikan). Jadi saya sibuk wara-wiri mengurus acara,” ujar Arnawa yang dijumpai sebelum gladi bersih pelantikan DPRD Tabanan, Minggu (4/8).

Berdasarkan cerita yang ia terima dari kader lainnya, nama Sanjaya dan Dirga memang muncul dalam slide pemetaan pasangan calon bupati dan wakil bupati seluruh Bali.

“Jadi tayangan slide itu, jujur saya tidak melihat. Tapi banyak kawan-kawan melihat dan menceritakan itu. Itu kronologisnya kemarin,” tegasnya.

Karena itu, selaku Sekretaris DPC PDIP Tabanan, Arnawa mengaku belum berani memberikan keterangan lebih terkait urusan rekomendasi. “Kita tunggu (rekomendasi) fisiknya,” imbuhnya.

Bila mengacu pada tahapan Pilkada Serentak 2024, menurut Arnawa, paling tidak rekomendasi akan turun pada pertengahan Agustus 2024. “Kurang lebih pertengahan bulan ini rekom itu harus dikeluarkan karena 29 Agustus 2024 kami wajib mendaftarkan calon,” katanya.

Saat ditanya apakah rekomendasi itu akan berbarengan dengan penentuan jatah ketua DPRD, ia tidak menjawabnya. Ia menyebut itu merupakan urusan DPP. “Kita santai menunggu kapan dikeluarkan,” imbuhnya.

Terkecuali untuk pimpinan fraksi, menurutnya itu akan segera dibahas untuk diusulkan ke DPD. Sedangkan untuk pimpinan komisi, pembahasannya akan dilakukan setelah penetapan ketua DPRD definitif. Balik lagi ke isu paket Sandi, Arnawa menegaskan siapapun paket yang akan ditetapkan oleh induk partainya, seluruh jajaran akan siap memenangkan. “Siapapun paket yang akan diturunkan (PDIP Tabanan) siap memenangkan,” tegasnya.