Gabung Fraksi PDIP, Demokrat Dapat Jatah Satu Pimpinan Komisi | Bali Tribune
Diposting : 8 August 2024 05:08
ANA - Bali Tribune
Bali Tribune / Made Sunarta

balitribune.co.id | MangupuraSetelah dilantik pada Senin (5/8), anggota DPRD Badung langsung tancap gas dalam pembentukan tata tertib (Tatib) dan alat kelengkapan dewan. Dari 45 kursi DPRD Badung hampir dipastikan hanya ada 3 fraksi, yakni Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golkar dan Fraksi Gerindra. Yang menarik dalam pembentukan fraksi ini adalah bergabungnya gerbong Demokrat ke PDI Perjuangan.

Bergabungnya 3 punggawa partai besutan AHY ini bahkan kabarnya mendapat restu langsung dari Bupati Badung yang Ketua DPC PDI Perjuangan Badung I Nyoman Giri Prasta. 

Demokrat juga dikabarkan akan mendapat jatah satu Ketua Komisi karena bersedia masuk gerbong partai banteng. Sedangkan pimpinan alat kelengkapan dewan lainnya mulai dari ketua komisi, ketua Badan Kehormatan dan Ketua Bapemperda akan disapu bersih oleh PDI Perjuangan.

Selanjutnya masuknya gerbong Demokrat ini dipastikan akan menambah gemuk fraksi banteng di parlemen Badung. Adapun komposisi fraksi-fraksi DPRD Badung kedepan terdiri dari Fraksi PDI Perjuangan 30 kursi (gabungan 27 kursi PDIP dan 3 kursi Demokrat), Fraksi Golkar 11 kursi, Fraksi Gerindra 4 kursi.

Ketua DPC Demokrat Badung Made Sunarta yang dikonfirmasi, Rabu (7/8), membenarkan di DPRD Badung, Demokrat bergabung dengan Fraksi PDI Perjuangan.

"Iya, kami 3 orang bergabung ke Fraksi PDI Perjuangan," ujarnya.

Bergabungnya Demokrat ke Fraksi PDI Perjuangan ini juga atas sepertujuan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. "Kemarin kami bersama dengan PDI Perjuangan sudah dapat bertemu bapak bupati. Intinya kami ingin bersama-sama memperkuat di DPRD Badung," kata politisi asal Desa Abianbase Mengwi ini.

Disinggung jatah satu ketua komisi untuk Demokrat, mantan Wakil Ketua II DPRD Badung ini menyebut sejauh ini masih proses pembahasan. "Untuk itu masih kita bahas. Mudah-mudahan ya," tegasnya.

Yang jelas kata dia Partai Demokrat kedepan akan bersama PDI Perjuangan di parlemen untuk memperkuat dalam pengambilan keputusan dalam rangka kesejahteraan rakyat Badung. Alasan lain bergabungnya Demokrat, imbuh politisi asal Abianbase, Mengwi ini adalah agar lebih banyak bisa berperan dalam membantu masyarakat dalam berbagai urusan.

"Intinya bagaimana kita bersama-sama memperkuat legislatif berjuang untuk kesejahteraan dan kebahagian krama Badung," tukasnya.