BPJS Ketenagakerjaan Edukasi Peserta Terkait Kemudahan Aplikasi Jamsostek Mobile | Bali Tribune
Bali Tribune, Jumat 20 September 2024
Diposting : 19 September 2024 19:08
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / EDUKASI - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bali Gianyar melakukan edukasi kepada peserta terkait aplikasi Jamsostek Mobile atau JMO ke sejumlah karyawan perusahaan PT Mitra Prodin

balitribune.co.id | GianyarAplikasi Jamsostek Mobile atau JMO  dapat meningkatkan kemudahaan layanan yang diberikan dan kepuasan peserta terhadap layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan/BPJamsostek. Sehingga, dapat mendorong kesadaran pekerja untuk mendaftarkan orang-orang terdekatnya dilindungi program BPJamsostek.

Hal tersebut yang mendorong BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bali Gianyar melakukan edukasi kepada peserta terkait aplikasi Jamsostek Mobile atau JMO ke sejumlah karyawan perusahaan PT Mitra Prodin. Kegiatan ini bertujuan memberi pemahaman mengenai fitur dan manfaat aplikasi kepada perusahaan dan peserta BPJamsostek tentang aplikasi JMO yang dimiliki BPJamsostek. 

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bali Gianyar Pandu Aria mengatakan, edukasi ini merupakan salah satu cara membangun komunikasi yang baik antara BPJamsostek dan perusahaan, serta bentuk perhatian kepada peserta dalam kemudahan informasi melalui layanan digital.

"Hal ini tentunya disambut dengan positif oleh karyawan PT Mitra Prodin untuk aktivasi penggunaan aplikasi JMO. Sehingga, memudahkan akses peserta terhadap layanan kami tanpa perlu datang ke kantor," terang Pandu Aria 

Dengan aktivasi akun JMO, peserta dapat melakukan pengecekan saldo, melakukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) secara online, memastikan kesesuaian data, informasi kantor cabang terdekat, mitra unit Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) serta layanan pelaporan pengaduan cukup dengan satu genggaman melalui ponsel cerdas masing-masing dan di mana saja.

"Kami terus mendorong peserta untuk memanfaatkan aplikasi JMO dengan cara kunjungan terhadap perusahaan lainnya," ungkapnya.

Pandu Aria menjelaskan, peserta cukup mendaftarkan diri melalui aplikasi JMO dengan menggunakan alamat email dan nomor handphone kemudian peserta memastikan nomor kepesertaan BPJamsostek (terdapat di kartu peserta) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid.

Salah satu karyawan PT Mitra Prodin menyebutkan JMO merupakan aplikasi resmi BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan transparansi kepada peserta mengenai saldo, program, upah tenaga kerja, dan lainnya. Aplikasi JMO sendiri sudah dapat diunduh oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui AppStore dan PlayStore. Jika terdapat kendala dalam proses pendaftaran akun atau penggunaan aplikasi JMO, peserta dapat langsung menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di 175 atau datang langsung ke kantor cabang terdekat.