Datang ke SVF 2024, Wisatawan Disuguhkan Kuliner Lokal | Bali Tribune
Diposting : 16 October 2024 18:04
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / SVF - sejumlah wisatawan tampak menikmati suasana sore hari di Sanur Village Festival, Pantai Mertasari, Rabu (16/10)

balitribune.co.id | Denpasar - Mengusung tema Asta Brateswarya, gelaran Sanur Village Festival (SVF) 2024 berlangsung di Pantai Mertasari Sanur, Denpasar pada 16-20 Oktober. Festival tahunan ini kerap menarik minat wisatawan asing maupun lokal berkunjung ke SVF menikmati berbagai kuliner. 

Pihak penyelenggara menjelaskan bahwa Asta Brateswarya berarti Delapan Sifat Kepemimpinan. Pemimpin masa depan di Indonesia diharapkan memiliki keutamaan kepemimpinan Asta Brata yang mencakup delapan sifat fundamental. Dengan menerapkan Asta Brata, pemimpin masa depan diharapkan dapat membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik dengan kebijakan yang bijak, kasih sayang, dan integritas.

Ketua Yayasan Pembangunan Sanur (YPS) sekaligus Ketua Panitia SVF 2024, Ida Bagus Gede Sidharta Putra mengatakan, 
pada ajang SVF tahun 2024 ini, ada beberapa hal yang lebih difokuskan yaitu memberikan ruang kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), pemain ekonomi kreatif, seniman, komunitas dan lainnya. "Diharapkan ajang tahunan ini mampu menumbuhkan inovasi dan kreativitas pelaku UMKM, karena sektor pariwisata ditopang pula oleh UMKM," katanya saat pembukaan SVF 2024 di Pantai Mertasari Sanur, Rabu (16/10).

Sejumlah stan kuliner siap menghidangkan aneka makanan khas lokal Bali hingga menu Barat. Salah satunya adalah stan kuliner Sate Babi Pan Bingin yang turut menghadirkan kuliner sate babi yang dapat dinikmati wisatawan. Kehadiran pelaku usaha di bidang kuliner ini di SVF untuk mengenalkan makanan Bali sekaligus memberikan ruang kepada pelaku ekonomi kreatif mempromosikan usahanya. 

”Kami menyadari kegiatan tahunan yang dinanti masyarakat maupun wisatawan mancanegara, diperlukan sebuah kreativitas dan inovasi yang selalu berkembang dan tidak boleh stagnan. Maka kami menghadirkan berbagai pilihan kuliner, sehingga wisatawan yang berkunjung dapat menikmati suasana pantai sembari kulineran,” ujarnya.

Ia berharap, keberadaan Sanur Village Festival yang penyelenggaraannya sudah memasuki ke-17 kalinya ini mampu mengenalkan ekonomi kreatif yang ada di Sanur.