Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Lebaran, Trafik Data Telkomsel Naik Hingga Lebih dari 136 Persen

Telkom
CEK TRAFIK - Direktur Utama Telkom, Alex J Sinaga (kanan), Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah (kiri) beserta jajaran Direksi Telkomsel, saat melakukan kunjungan ke Integrated Operation Center (IOC) Telkomsel Sabtu (24/6), guna mengecek trafik jaringan saat Lebaran 2017. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data lebih dari 136 persen menembus angka lebih dari 6.000 TB (Terabyte) di hari Lebaran, meningkat dibanding periode yang sam pada tahun 2016.

BALI TRIBUNE - Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data lebih dari 136 persen menembus angka lebih dari 6.000 TB (Terabyte) di hari Lebaran, di mana angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama di tahun 2016.

Jika dibandingkan dengan hari normal selama 2017, layanan ini juga mengalami kenaikan lebih dari 27 persen. Penggunaan layanan data ini paling banyak dimanfaatkan oleh pelanggan untuk mengakses media sosial (36 persen), disusul layanan video streaming (29 persen).

Peningkatan trafik layanan data terlihat paling tinggi terjadi di daerah-daerah tujuan mudik. Wilayah Sumatera mengalami peningkatan penggunaan layanan data hingga lebih dari 36 persen, sementara wilayah Jawa Bali (diantaranya meliputi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur) mencapai lebih dari 32 persen jika dibandingkan dengan hari normal 2017.

Namun secara nominal, trafik layanan data tertinggi berada di wilayah Jabotabek Jabar menembus angka lebih dari 1.700 TB (Terabyte), disusul dengan area Jawa Bali yang mengkonsumsi lebih dari 1.645 TB (Terabyte). Penggunaan layanan data pada di momen Lebaran juga tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik.

Di antarany Bandara Soekarno Hatta, Bandara Kuala Namu, Pelabuhan Merak, exit tol Kaliangsa, Rest Area km 9 Cibubur, dan Pelabuhan Ferry Kolaka (Sulawesi Tenggara). Peningkatan juga terpantau naik di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, seperti Batu Karas (Pangandaran), Ancol, Pantai Kuta, dan Kota Bunga (Puncak).

Berbeda dengan layanan data yang semakin diminati oleh banyak pelanggan sebagai pilihan utama untuk berkomunikasi di hari lebaran, layanan suara dan SMS tidak mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan trafik di hari normal. Trafik layanan suara turun 6 persen menjadi 1,3 miliar menit, sementara SMS cenderung stagnan di angka 740 juta SMS.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati, mengatakan, “Alhamdulillah jaringan kami berfungsi dengan baik untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan di momen Lebaran. Jauh-jauh hari sebelumnya Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggan yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran. Kami berharap jaringan kami dapat membantu pelanggan untuk tetap lancar berkomunikasi, sehingga momen yang bahagia ini, dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk mendorong terjalinnya tali silaturahmi.”

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, Telkomsel melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang jalur utama mudik di Pulau Jawa dan Sumatera telah disediakan kelonggaran sebesar 35 persen - 60 persen, seperti Jawa Barat sebesar 38 persen, Jawa Tengah sebesar 48 persen, dan Jawa Timur sebesar 57 persen dan Sumatera Selatan sebesar 58 persen.

Selain itu Telkomsel juga melakukan uji coba jaringan di jalur-jalur mudik yang menempuh jarak sejauh kurang lebih 11.000 km di berbagai lokasi di Indonesia. Sementara itu untuk menjamin kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan komunikasi sepanjang periode mudik Lebaran, Telkomsel telah menyiagakan jaringan berkualitas, terutama di 838 hotspot atau POI (Point of Interest) yang merupakan titik keramaian aktivitas mudik dan wisata yang diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi.

Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel menyiagakan sebanyak 89 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi menggunakan layanan data. Di sisi pelayanan, Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI yang telah teridentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga.

Selain itu seluruh channel pelayanan existing Telkomsel juga diharapkan dapat berfungsi maksimal selama libur Lebaran, diantaranya 84 GraPARI Telkomsel Siaga dan 346 GraPARI Mitra Siaga, 487 Mobile GraPARI, 81 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 359 Branch Office Mitra Distributor (TDC). Pada saat yang bersamaan, mitra distributor Telkomsel juga turut siaga menjaga ketersediaan produk kartu perdana dan voucher isi ulang (mkios) melalui 3.779 Outlet Siaga.KSM

wartawan
release
Category

Tambah Parts GR Aeropackage, New Agya Stylix Tampil Makin Keren dan Sporty

balitribune.co.id | Denpasar - PT Toyota-Astra Motor (TAM) didukung Authorized Dealer Toyota di Bali, Agung Toyota dan Auto2000 memperkenalkan New Agya Stylix with GR Aeropackage pada Jumat (7/3). Hadir dalam peluncuran ini, Laz Marthino Area Head East Java – Bali TAM, Danar Hasmoro, Agung Toyota Sales Manager, Andrei Gromico Hamonangan,  Branch Manager Agung Toyota Denpasar dan Branch Manager A2000 Sanur, Nyoman Gde Tresna Triyana Anom.

Baca Selengkapnya icon click

Safety Riding Astra Motor Bali, Cek Kelengkapan Berkendara Karyawan

balitribune.co.id | Denpasar – Astra Motor Bali terus menunjukkan komitmennya dalam menciptakan budaya berkendara yang aman dan nyaman, baik bagi pelanggan maupun lingkungan internal perusahaan. Sebagai bagian dari upaya mewujudkan keselamatan berkendara (safety riding), Astra Motor Bali mengadakan kegiatan pengecekan kelengkapan berkendara bagi seluruh karyawan sebelum memulai aktivitas kerja, Jumat (7/3).

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

BPJS Ketenagakerjaan Terus Berupaya Memperluas Cakupan Perlindungan bagi Pekerja di Kabupaten Bangli

balitribune.co.id | Bangli - Kepala Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Bali Gianyar, Venina dalam pertemuan dengan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta mengapresiasi atas dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangli dalam mendorong kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Operasi Cipkon Agung 2025, Polres Klungkung Razia Cafe Hiburan Malam dan Jalan Baypass Ida Bagus Mantra

balitribune.co.id | Semarapura - Operasi Cipkon Agung 2025 Dalam rangka menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1947 dan Hari Raya Idul Fitri 1446 H, Polres Klungkung menggelar Operasi Cipta Kondisi (Ops Cipkon) Agung 2025 dengan menyasar lokasi cafe dan tempat hiburan malam. 

Baca Selengkapnya icon click

Bupati Satria Ajak Masyarakat Guyub Membangun Klungkung

balitribune.co.id | Semarapura - Bupati Klungkung I Made Satria dalam pidato pertamanya pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Klungkung di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Semarapura, Kamis (6/3), menyampaikan langkah awal kepemimpinannya bersama Wakil Bupati, Tjokorda Gde Surya Putra adalah mengoptimalkan 100 hari kerja menjadi prioritas. 

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.