6 LPD Macet, Tipikor Polres Bangli Lakukan Pendalaman | Bali Tribune
Diposting : 7 July 2022 20:24
SAM - Bali Tribune
Bali Tribune / Kanit Tipikor Polres Bangli Ipda I Wayan Dwipayana

balitribune.co.id | BangliUnit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Sat Reskrim Polres Bangli turun lakukan pendalaman di beberapa Lembaga Perkreditan Desa (LPD) yang masuk kategori macet. Dari hasil penilain yang dilakukan Lembaga Pemberdayaan Lembaga Perkredita Desa (LPLPD) sebanyak 6 LPD  di Bangli masuk kategori macet atau tidak beroperasi lagi.

Kanit Tipikor Polres Bangli, Ipda I Wayan Dwipayana SH. MH saat dikonfirmasi terkait penanganan LPD yang masuk kategori macet, mengatakan pihaknya telah turun di beberapa LPD yang masuk kategori macet.

”Tahap awal baru menyasar 3 LPD dari 6 LPD yang masuk kategori macet,” ungkapnya, Kamis (7/7).

Kata Ipda Wayan Dwipayana pihaknya telah turun di tiga LPD kategori macet yakni LPD Selulung, Kecamatan Kintamani dan LPD Demulih Kecamatan Susut serta LPD Undisan Kelod, Kecamatan Tembuku.

Kata perwira asal Desa Taro, Kecamatan Tegalalang ini adapun hasilnya saat turun di LPD Selulung, Kecamatan Kintamani ternyata lembaga keuangan tersebut sudah tidak lagi beroperasi.

“Kami sudah amankan dokumen dan telah memintai keterangan pihak pengurus LPD,” tegasnya.

Sementara untuk LPD Demulih, ternyata dokumen LPD tidak ada dan pengawas LPD telah meninggal dunia. Begitu pula untuk LPD Undisan Kelod, Kecamatan Tembuku, didapat hasil kalau dokumen LPD telah hilang dan Ketua LPD dalam kondisi sakit.

Lanjut Ipda Wayan Dwipayana, penanganan LPD macet yang terindikasi terjadi kerugian keuangan negara, pihaknya akan libtakan tim akuntan publik untuk melakukan penghitungan  kerugian.

”Khusus untuk LPD Selulung masih terus kami dalami,” tegasnya.

Seperti di beritakan sebelumnya dari total 159 LPD yang tersebar di 4 kecamatan, di Bangli sebanyak 6 LPD masuk kategori macet atau tidak beraktifitas lagi. Ke 6 LPD dimaksud yakni LPD Selulung, LPD Terunya, LPD Songan. LPD Buahan, Kecamatan Kintamani dan LPD Undisan Kelod, Kecamatan Tembuku serta  LPD Demulih, Kecamatan Susut.

Hukum & Kriminal

Terpopuler