Bangkai Kapal KMP Darma Rucitra III Berhasil Diapungkan, Tim Masih Berupaya Sejajarkan Kapal | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 04 Agustus 2020
Diposting : 5 July 2020 19:34
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / KAPAL - Bangkai Kapal KMP Darma Rucira posisinya masih miring, namun telah berhasil diapungkan oleh tim evakuasi dari 3G Diving

balitribune.co.id | Amlapura - Tim evakuasi dari 3G Diving Jakarta, akhirnya berhasil mengapungkan bangkai kapal KM Darma Rucitra III dari lokasi karam di areal kolam Dermaga II, kapal naas tersebut berhasil diapungkan pada Sabtu (4/5/2020) pukul 21.00 Wita malam. Kendati sudah bisa diapungkan namun posisi kapal tersebut masih miring, akibat kebocoran pada bagian lambung kanan kapal.

Koordinator tim evakuasi 3G Diving, Abdul Khalik, kepada awak media saat itu menyampaikan jika kapal berhasil diapungkan setelah pihaknya bersama para crew berupaya melakukan pemompaan sekitar kurang lebih enam jam. “Sudah berhasil kita apungkan, cuma memang posisinya masih miring karena kapal ini tidak memiliki sekat kedap udara memanjang. Sehingga air masuk ke posisi yang lebih rendah,” ujarnya.

Ini menurutnya sedikit menyulitkan pihaknya untuk mensejajarkan posisi kapal, namun demikian pihaknya sudah berupaya dengan menahan badan kapal dengan menggantung balon yang berisi air sebagai Ballast. Karena sekat Ballast pada kapal itu sendiri tidak mampu menstabilkan posisi kapal tersebut.

Dari pantauan Bali Tribune di lokasi, Minggu (5/7/2020) tim evakuasi masih berupaya keras bekerja untuk menstabilkan atau mensejajarkan posisi kapal agar bisa disandarkan di Movable Bridge (MB) Dermaga II. Namun hingga Minggu petang, posisi kapal masih miring sementara tim masih terus melakukan pemompaan air yang memenuhi ruang mesin. Dan ini menurut sejumlah teknisi memang memakan waktu cukup lama. Diperkirakan Senin (6/7/2020) kapal ini sudah bisa disejajarkan untuk kemudian ditarik keluar areal pelabuhan menuju Bangkalan, Madura, menggunakan Tug Buat.