Bupati Pastikan Tempat Relokasi yang Aman dan Nyaman | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 30 November 2020
Diposting : 11 May 2020 23:17
Nyoman Astana - Bali Tribune
Bali Tribune/ MENGECEK - Bupati Made Mahayastra mengecek kesiapan tempat relokasi Pasar Gianyar, di Kelurahan Samplangan, Gianyar, Senin (11/5).
Balitribune.co.id | Gianyar - Pedagang Pasar Umum Gianyar dalam hitungan hari akan mulai berpindah  ke Tempat Relokasi di Kelurahan Samplangan, Gianyar. Memastikan semua fasilitas sudah disiapkan, Bupati Gianyar Made Mahayastra  bersama anggota Komisi II DPRD Gianyar, Sekkab Gianyar serta Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) melakukan meninjau ke  lokasi, Senin (11/5).  
 
Meski keseluruhan bangunan dan fasilitas sudah siap, Bupati juga meminta ada tambahan pohon-pohon perindang serta antipasi potensi genangan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pedagang dan pengunjung pasar. Usai berkeliling tempat relokasi, Bupati Mahayastra memastikan jika  pasar smentara yang akan beroperasi sekitar 1,5 tahun itu secara fisik sudah siap, sehingga pemindahan pedagang tidak akan ada kendala.  Karena itu,  untuk Pasar Umum Gianyar akan memasuki tahap tahapan pembongkaran. "Tanggal 14 Mei 2020 ini pedagang sudah siap pindah dengan terlebih dahulu dilakukan undian dan akn pindah ke lokasi ini. Untuk pembongkarn Pasar kita trgetnay taggal 28 Mei ini," jelasnya. 
 
Mahayastra juga menyampaikan areal relokasi pasar lahannya cukup luas dan lebih efektif untuk penerapan pedagang jaga jarak di tengah wabah Covid 19 ini. Jika normal, seribu lebih para pedagang hanya berjualan di sana sekitar 1,5 tahun saja. Disbutkan, Oktober mendatang, fisik sudah mulai lelang tahapan pembangunan, dan ini diyakini sebagai sejarah pertama kali di Gianyar ada proyek dengan anggaran sebesar Rp 250 miliar. “ Sudah kami panau, tinggal yang kurang hanya tempat sampah saja, seluas ini tempat sampah masih kecil. Penghijauannya juga karena jam 10 sampai jam 12 siang pasti sangat panas, perlu penambahan perindang. Akan saya arahkan tanam pohon jadi. Untuk drenase juya cukup, kita tes saat musim hujan untuk anstisipasi," tandasnya. 
 
Ketua Fraksi PDIP DPRD Gianyar, Ketut Sudarsana menjelaskan mengatakan tempat relokasi tepat untuk penanganan Covid 19, khususnya untuk jarak. Terkait mega proyek ini,  hampir 99 persen  pedagang sudah setuju dan ini merupakan yang patut diapresiasi di tengah Covid ada proyek besar seperti ini.  “Proyek ini merupakan berkah, banyak tenaga kerja ditampung dan tujuannya memutar roda perekonomian warga Gianyar. tolomg jangn dibolak balik pengertiannya," terangnya singkat.