balitribune.co.id | Badung - Salah satu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), Gracious Project yang memproduksi produk perawatan kulit dengan bahan-bahan alami mengalami kemajuan. Hal itu berkat inisiatif Hyperlocal yang mendorong kemajuan UMKM produk perawatan kulit (skincare) mencatatkan lonjakan permintaan di toko online.
Berbagai manifestasi Hyperlocal, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia membawa berbagai dampak positif di Bali. “Wilayah seperti Gianyar, Badung dan Denpasar mengalami kenaikan tertinggi jumlah penjual lewat KTP selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 6 kali lipat,” ungkap Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak beberapa waktu lalu di Badung.
Perusahaan teknologi Indonesia ini terus membantu pelaku usaha di Indonesia menciptakan peluang tanpa hambatan lewat inisiatif Hyperlocal. Upaya ini sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeros), yaitu nol hambatan (Zero Barriers). "Di sisi lain, hadirnya gudang pintar Dilayani Tokopedia di berbagai wilayah, salah satunya di Surabaya, telah membantu penjual di Indonesia bagian tengah maupun timur, termasuk Bali, dapat menjangkau lebih banyak pembeli di berbagai wilayah di Indonesia,” tambahnya.
Selain membantu UMKM lokal memulai dan membangun bisnis, Hyperlocal juga mempermudah masyarakat Indonesia dalam mengakses lebih banyak pilihan produk kebutuhan dengan lebih cepat dan efisien. "Terbukti dari data internal Tokopedia yang menunjukkan kategori produk Rumahtangga, Fesyen, Otomotif, Olahraga dan Hobi, serta Kebutuhan Sehari-hari atau Groceries (seperti makanan dan minuman serta perawatan tubuh) sebagai beberapa yang paling laris, baik secara nasional maupun khusus di Bali, selama semester I 2023,” jelas Nuraini.
Kata dia, khusus di Bali (data lokal), scrub wajah, foot scrub dan bath salt menjadi beberapa produk perawatan tubuh yang paling laris di Tokopedia, sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 1,5 kali lipat. Secara keseluruhan (data nasional), pada kategori produk perawatan tubuh, body lotion, hair conditioner dan hair mask menjadi beberapa produk terlaris pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 5 kali lipat.
Pemilik Gracious Project, Gracia Chandra mengakui inisiatif Hyperlocal turut mendorong tumbuh kembang usahanya.
Saat pandemi, banyak orang yang mencari produk perawatan tubuh dan skincare bagi keluarga. "Kebetulan saya punya latar belakang sebagai formulator, yang bisa membuat formula untuk bahan kesehatan atau kecantikan, sehingga saya terdorong untuk membuat produk perawatan tubuh dengan bahan natural, salah satunya sabun natural,” ungkap Gracia.
Produk ciptaan Gracia yang semula digunakan untuk keluarga akhirnya berkembang dan makin banyak peminat. Tak hanya menjual produk perawatan tubuh dengan bahan alami, juga mengedukasi masyarakat untuk hidup lebih natural, salah satunya dengan menjual buku seputar resep dan cara pembuatan produk perawatan tubuh alami, seperti soap bar dan essential oils.
“Produk kami menggunakan bahan alami dan kami peroleh dari petani lokal. Ada juga perajin Bali dan Yogyakarta yang memproduksi alat pelengkap, seperti loofah (alat yang terbuat dari gambas untuk membersihkan kotoran pada kulit), serta kapas yang dapat dipakai ulang. Saat ini produk kami bisa dijangkau oleh masyarakat, termasuk komunitas pencinta produk skincare alami, di seluruh Indonesia," ungkap Gracia.