Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Dua RS Tolak Pasien BPJS Kesehatan

BPJS
Soegiarsih (46), pasien BPJS yang awalnya ditolak, namun akhirnya dilayani RS Surya Husadha setelah mendapat rujukan.

Denpasar, Bali Tribune

Masyarakat awam kembali menjadi korban serta dijadikan kambing hitam akibat berbelitnya birokrasi menggunakan kartu BPJS Kesehatan saat berobat ke rumah sakit.

Ifa (32) terbaring tak berdaya di atas ranjang ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Surya Husadha di jalan Pulau Serangan Denpasar, Jumat (29/7). Sementara,Wawan (30) sang suami terlihat beradu argumen dengan salah seorang dokter jaga bernama I Gede Arta. Setelah debat sekitar 25 menit, akhirnya Wawan mengajak istrinya yang masih lemah dan mengalami pendarahan meninggalkan IGD RS Surya Husadha, disaksikan dokter jaga tanpa bisa berbuat apa-apa.

Dengan berlinang air mata saat menuju parkiran, sang suami mengatakan, istrinya mengalami keguguran dan pendarahan, namun ditolak penanganannya oleh RS karena kartu BPJS yang dia miliki berada di luar Denpasar. “Istri saya mengalami keguguran dan pendarahan mas, tadi sudah saya bawa ke Bali Med ditolak. Di Surya Husadha juga sama. Katanya kartu BPJS saya berada di luar Denpasar, padahal istri saya mengalami pendarahan,” ucapnya sambil tersedu.

Wawan yang awam tentang aturan dan mengaku tinggal di daerah Padangsambian ini mengatakan, ia mempunyai kartu BPJS dengan rujukan RSUD Kapal. Namun karena melihat kondisi istrinya sudah pendarahan dan kritis maka awalnya dia membawa kerumah sakit terdekat dari rumahnya yaitu Bali Med. Karena ditolak, kemudian dia membawa sang istri ke Surya Husadha. Di RS kedua itupun istrinya tidak mendapat perawatan karena alasan yang sama.

Terkait dengan kejadian tersebut, pihak Surya Husadha membantah jika dikatakan telah menolak pasien BPJS. Selaku dokter jaga, dr I Gede Arta mengaku sempat melakukan pemeriksaan terhadap pasien. “Kami sempat periksa si pasien tadi, tapi karena penanganannya perlu Obgyn atau dokter spesialis kandungan, jadi di alur kita itu harus cari PPK 1 dulu ke Puskesmas, baru ke poli obgyn, intinya seperti itu,” kata dr Arta.

Ketika ditanyakan, kenapa si pasien tidak ditangani lebih dahulu, ia tetep kekeh mengatakan jika harus mengikuti alur. “Kalaupun bisa kami tangani, paling juga hanya pemberian cairan untuk menghentikan pendarahan, tapi untuk proses selanjutnya tetap harus cari rujukan,” katanya lagi. Ditambahkannya, untuk situasi emergency pihaknya bisa melakukan penanganan awal, namun jika harus dilakukan rawat inap mesti mengikuti alur.

Nampak ada kebingungan dari dokter yang akan menangani pasien emergency pemegang BPJS Kesehatan karena panjangnya birokrasi yang mesti dilalui. Pendapat berbeda disampaikan Corporate Secretary RS Surya Husadha, dr I Gst Ngurah Agung, didampingi Case Manager, dr Ketut Pramaini. Keduanya seolah menyalahkan pemegang kartu BPJS yang tidak faham alur pelayanan. “Pemegang kartu BPJS harus paham alurnya. Kalau tidak, pasti akan tubrukan semua,” kata dr Agung.

Menurutnya, perbedaan pemahaman khususnya dari sisi medis dan awam kerap menjadi biang penolakan ketika pasien akan menggunakan kartunya. “Misalnya begini, ketika orang awam beranggapan panas 38 derajat sudah mesti mendapat perawatan, sedangkan aturannya 40 derajat baru bisa ditangani. Jelas di sini ada perbedaan pemahaman. Kondisi ini yang kadang juga membingungkan kita di lapangan,” jelas dr Agung, lebih lanjut.

Dia beranggapan BPJS mestinya mensosialisasikan mengenai aturan-aturan yang berlaku kepada pemegang kartu agar tidak terjadi asalah pengertian antara pemegang kartu dan pihak RS. Pasalnya, RS juga terikat aturan untuk penanganan pasien BPJS. “Kami juga harus mengikuti aturan. Kalau tidak mengikuti aturan BPJS, pasti tidak akan dibayar. Jadi di satu sisi merekrut peserta, di sisi lain harus memberikan pemahaman kepada para peserta,” kata dia.

Di hari yang sama, pasien bernama Soegiarsih (46) yang beralamat di Jalan Mirah Hati, Monang-Maning awalnya juga ditolak di RS Surya Husadha dan mesti mencari rujukan. Setelah menunggu beberapa lama, pasien mendapat rujukan dari dr Jaowenny Lindajana Lolo, Sp. PD (spesialis interna) dan baru bisa mendapat mendapat penanganan di IGD. Nasib baik rupanya belum berpihak pada Soegiarsih, dia tidak bisa menjalani rawat inap di RS tersebut karena tidak tersedia kamar kosong.

 Terkait penolakan terhadap pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan ini, pihak BPJS Kesehatan Denpasar sendiri belum bisa dimintai tanggapannya., Ketika coba dikonfirmasi melalui seluler, berulang kali pihak yang terkait dengan persoalan ini belum bisa memberikan penjelasan dengan alasan masih berada di lapangan.

wartawan
Arief Wibisono
Category

Tangani Bersama Demi Masa Depan Bali

balitribune.co.id |“Peringatan BMKG yang terlupakan. Bali tenggelam perlahan. Aku adalah hujan yang turun membasahi Bali bukan air biasa, tapi air mata langit yang menangisi kelalaianmu. BMKG sudah berteriak tentang datangnya musim hujan ekstrem, tapi Pemerintah masih sibuk berdebat tentang proyek megah dan masyarakyat wilayah Jatiluwih penuh luka. Kapan kalian akan mendengar jeritanku”?

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Astra Motor Bali Perkuat Edukasi Cari_Aman Bagi Pengguna Motor Kopling Secara Berkala

balitribune.co.id | Denpasar – Astra Motor Bali, sebagai Main Dealer sepeda motor Honda di wilayah Bali, secara konsisten melanjutkan komitmennya dalam mengampanyekan keselamatan berkendara (Cari_Aman) dengan membagikan panduan teknis dan tips penting bagi para pengguna sepeda motor transmisi manual atau motor kopling.

Baca Selengkapnya icon click

AHM Bekali Ribuan Pelajar SMK dengan Teknologi Honda Terbaru

balitribune.co.id | Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) membagikan wawasan teknologi sepeda motor Honda terbaru kepada 1.462 pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Binaan Astra Honda melalui gelaran Astra Honda Berbagi Ilmu (AHBI) 2025. Gelaran ini menjadi salah satu wujud komitmen AHM dalam menghadirkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan sesuai kebutuhan industri sepeda motor di Indonesia.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Bupati Adi Arnawa Terima Penghargaan Pembentukan Posbankum

balitribune.co.id | Mangupura - Menteri Hukum RI, Supratman Andi Agtas meresmikan pembentukan Pos Bantuan Hukum (Posbankum) sekaligus membuka Pelatihan Paralegal se-Provinsi Bali di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Jumat (12/12). Dalam acara tersebut Bupati Badung I Wayan Adi Arnawa menjadi salah satu penerima penghargaan pembentukan Posbankum dari Menkum RI.

Baca Selengkapnya icon click

Harga Rp 2 & 3 Jutaan realme C85 Series Dibekali Baterai Ultra, Tahan Air Ultra

balitribune.co.id | Denpasar - realme, brand pilihan anak muda, resmi membawa pengalaman langsung ketangguhan realme C85 Series ke Bali melalui rangkaian acara “realme C85 Series-Baterai Ultra, Tahan Air Ultra Roadshow”, Jumat (12/12). Bali menjadi lokasi spesial sebagai penutup rangkaian roadshow di Indonesia setelah sebelumnya mengunjungi Kota Medan, Manado, dan Surabaya.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.