Gencarkan Pencegahan Covid-19, Bupati Mas Sumatri Gelontorkan 512.797 Masker | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 21 September 2021
Diposting : 22 September 2020 17:50
Husaen SS. - Bali Tribune
Bali Tribune / Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri saat meyerahkan bantuan Masker secara simbolis

balitribune.co.id | Amlapura - Di masa pandemi COVID-19 masker menjadi kebutuhan dasar masyarakat untuk melindungi diri dan orang lain dari penyebaran virus. Guna menekan laju penyebaran Virus Corona tersebut Bupati Mas Sumatri Bagikan Masker kepada masyarakat Karangasem. Hal tersebut dilakukan bertujuan pula sebagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 yang dilakukan Pemkab Karangasem. Dimana bantuan Masker  diterima secara simbolis oleh Para Camat se-Kabupaten Karangasem untuk dibagikan dimasing masing Kecamatan. Pembagian dilaksanakan di Aula Nawa Satya, Senin (21/9/2020).

Kepala Dinas Sosial Kab. Karangasem I Gede Basma dalam kesempatan tersebut menyampaikan jumlah pengadaan Masker untuk masyarakat Kabupaten Karangasem sebanyak 512.797 pcs yang akan didistribusikan ke 8 kecamatan dengan jumlah sesuai permohonan masing-masing kecamatan. Dimana Kecamatan Manggis menerima sebanyak 53 607 pcs, Kecamatan Selat 45.766 pcs, Kecamatan Karangasem 93.394 pcs, Kecamatan Rendang  42.036 pcs, Kecamatan Kubu 98 637 pcs, Kecamatan Abang  87.540 pcs, Kecamatan Sidemen 37.725 pcs,Kecamatan Bebandem  54 056 pcs.

"Sumber dana yang dipergunakan untuk pengadaan masker adalah bersumber dari dana Belanja Tidak Terduga (BTT)," ujar Basma.

Basma juga menambahkan jadwal Pengadaan Tahapan pengadaan masker dimulai sejak tanggal 24 Agustus 2020 yang merupakan tahap persiapan, kemudian dilanjutkan ke tahap pelaksanaan dari tanggal 31 Agustus sampai 25 September 2020. "Dan telah dilaksanakan pemeriksaan barang oleh Tim Pemeriksa Barang dan Tim Teknis Dinas Sosial Karangasem dengan hasil Pekerjaan pengadaan masker sudah dilaksanakan 100%, sehingga untuk tahap selanjutnya adalah Penyerahan kepada masyarakat Kabupaten Karangasem," bebernya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Mas Sumatri menyampaikan, ditengah cobaan pandemi covid-19 yang melanda dunia, dan Indonesia secara umum sudah merebak di 34 Provinsi. Berbagai cara telah dilakukan Pemkab Karangasem agar penularan virus ini tidak meluas atau bisa dikendalikan. Mau tidak mau harus diakui bahwa ancaman covid-19 berdampak kepada semua sektor dan berpengaruh secara langsung kepada masyarakat secara umum, Mengingat dampak covid-19 sangat berpengaruh kepada seluruh sendi kehidupan bermasyarakat.

"Maka kami mengajak seluruh masyarakat agar selalu mengikuti arahan pemerintah dengan mengikuti protokol kesehatan didalam menjalankan kegiatan sehari-hari, salah satunya adalah dengan selalu memakai masker bila keluar rumah dan beraktifitas diluar rumah," ajak Mas Sumatri. Sebagai bukti kehadiran pemerintah Kabupaten Karangasem kami akan memberikan bantuan masker kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karangasem guna mencegah penularan Covid 19.

"Selain itu saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk bahu membahu dan menyama-braya,untuk ikut serta bergotong royong membantu saling mengingatkan PoIa hidup bersih dan sehat guna memutus rantai penyebaran covid 19," lontarnya.

Mas Sumatri juga menambahkan agar masyarakat tetap mematuhi himbauan pemerintah diantaranya cuci tangan sesering mungkin, pakai masker, mengurangi kerumunan dan menjaga jarak. Dalam akhir sambutan Mas Sumatri juga berharap agar pendistribusian ini berjalan lancar dan tepat waktu sesuai dengan yang direncanakan.