Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

GIPI Bali Kaim Promosi Digital Lebih Efisien

promosi
Ida Bagus Agung Partha Adnyana

 BALI TRIBUNE - Pesatnya perkembangan dunia digital membawa pengaruh terhadap pola berwisata dari konvensional menjadi online. Pasalnya, teknologi digital atau online tersebut memberikan kemudahan seseorang untuk mengunjungi suatu destinasi. Hal itu pun akan mempermudah pelaku industri pariwisata untuk mengenalkan produk wisata atau mempromosikan potensi destinasi tersebut melalui sosial media.

Berdasarkan pola itu, menurut Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana di Denpasar, Kamis (15/3) promosi pariwisata ke luar negeri saat ini menjadi kurang efisien karena memerlukan biaya yang cukup tinggi. Selain itu, untuk menarik perhatian wisatawan agar berlibur di Pulau Dewata dapat dilakukan dengan mengemas sebuah event berkualitas dan berkelas internasional. Kemudian event-event pariwisata yang akan digelar dapat dipromosikan melalui media sosial/online.

"Lomba-lomba internasional itu yang harus kita lakukan untuk mengundang digital itu datang (ke Bali). Bayangkan jika misalkan petenis kelas dunia main di sini, itu akan dilihat dunia. Itu cara lebih bagus daripada melakukan promosi ke luar," paparnya.

Dia mengatakan, cara yang paling ampuh dan efisien untuk mempromosikan destinasi Bali pada zaman digital ini yakni melalui pemanfaatan teknologi informasi atau online. Jika melihat data UNWTO dalam hal pariwisata dan juga dari Trip Advisor, tahun 2017 lalu sebanyak 63 persen wisatawan melakukan kegiatan wisata dengan cara digital.

Pria yang akrab disapa Gus Agung ini memperkirakan pada 2018 wisatawan berwisata dengan menggunakan digital akan meningkat menjadi 70 persen. "Cara yang paling efisien mendatangkan wisatawan adalah kita harus bikin acara di Bali atau di destinasi dan dipromosikan di media sosial, bukan kita yang keluar (promosi) ke sana. Ini kan cara digital online. Jadi bikin event-event yang banyak peminatnya seperti lomba lari. Mereka bisa datang dan join," kata Gus Agung yang juga Ketua Gahawisri Bali.

Lebih lanjut dia mengatakan, cara berbisnis sekarang ini lebih banyak dipengaruhi oleh sosial media. Maka berpromosi melalui digital tidak dapat diabaikan jika menyasar wisatawan millenial. Namun disampaikan Gus Agung, promosi secara offline dengan mengikuti sebuah event promosi di luar negeri juga masih tetap dapat dilakukan untuk menyasar wisatawan yang belum tersentuh digital.

Selain itu, Gus Agung menambahkan, mengundang media luar negeri dan para duta besar datang ke Bali untuk mengetahui situasi saat ini merupakan salah satu cara yang tepat. "Saat ini lebih baik kita mendatangkan media luar negeri dan para duta besar untuk datang langsung melihat kondisi Bali daripada kita yang promosi ke luar negeri," imbuhnya. 

wartawan
Ayu Eka Agustini
Category

Walikota Jaya Negara dan IAGI Bali Bahas Solusi Jangka Panjang Penanganan Bencana Banjir di Kota Denpasar

balitribune.co.id | Denpasar - Pemerintah Kota Denpasar terus berupaya untuk mencari solusi agar bencana banjir yang melanda seperti terjadi pada 10 September 2025 lalu tidak terulang kembali. Hal tersebut diungkapkan saat Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara menerima Tim Ikatan Ahli Geologi Indonesia Daerah Bali di Kantor Walikota Denpasar, Senin (3/11).

Baca Selengkapnya icon click

Transfer Pusat Menurun, Dewan Desak Eksekutif Optimalkan Pendapatan Retribusi dan PHR

balitribune.co.id | Bangli - Dampak dari transfer dana pusat menurun, kalangan Dewan mendesak  pihak eksekutif mengoptimalkan PAD untuk memperkuat fiskal Pemerintah Daerah.  Adapun dua sumber PAD yang bisa dioptimalisasi  yakni dari retribusi dan Pajak Hotel Restoran (PHR),  

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Yamaha Marine Resmikan Pusat Pelatihan dan Showroom Flagship Terbesar se-Asia Tenggara

balitribune.co.id | Denpasar - Seiring dengan selesainya  pembangunan, Senin (3/11/2025) PT Karya Bahari Abadi (KBA) selaku distributor resmi Yamaha Marine di Indonesia bersama Yamaha Motor Corporation (YMC) Jepang dan Yamaha Motor Distribution Singapore (YDS)  meresmikan  Flagship  Showroom, Service & Training  Center KBA Bali.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Seri Pemungkas MRS, Astra Honda Kembali Andalkan Kecepatan CBR Series

balitribune.co.id | Jakarta – Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) siap tampil maksimal pada seri terakhir musim 2025 di gelaran Mandalika Racing Series (MRS) yang akan berlangsung pada 1–2 November 2025. Pebalap AHRT mengandalkan CBR250RR dan CBR600RR untuk melesat kencang di sirkuit kebanggaan Indonesia, Mandalika International Circuit, NTB.

Baca Selengkapnya icon click

Gerbang Bercerita di Dua Tapal Batas Tabanan Ditarget Rampung Akhir November 2025

balitribune.co.id | Tabanan - Program penataan tapal batas dengan konsep gerbang bercerita di dua titik, perbatasan antara Badung dan Jembrana, ditargetkan tuntas pada akhir November 2025. Saat ini, berbagai properti penunjang seperti patung yang mencirikan identitas Kabupaten Tabanan sebagai daerah agraris dan seni budaya sedang dituntaskan.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.