Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Kebakaran Meningkat, Tambah Mobil Damkar

Bali Tribune/ Dewa Agung Suryadarma
Balitribune.co.id | Bangli - Kasus kebakaran yang terjadi di Kabupaten Bangli mengalami trend meningkat setiap tahunnya. Sementara Pemadam Kebakaran Bangli hanya didukung dua unit mobil damkar dan 1 unit mobil tangki penyuplay air. Melihat realita tersebut Dinas Sat Pol PP dan Damkar Bangli berharap di tahun 2021 ada penambahan armada damkar. 
 
Hal tersebut diungkapkan Kepala Sat Pol PP dan Damkar Bangli, Dewa Agung Suryadarma, Kamis (3/12). Menurut Agung Suryadarma, jumlah armada sebanyak 4 unit, dua unit dalam kondisi rusak berat dan tidak bisa dioprasikan lagi. ”Kami hanya mengandalkan dua unit damkar sementara jika terjadi kebakaran yang besar kami minta bantuan kepada damkar kabupaten/kota lainnya,” ujarnya.
 
Melihat data terjad peningkatan jumlah kasus kebakaran setiap tahunnya. Maka dari itu ditahun 2021 kami memilki rencana untuk pengadaan damkar. “Mengacu SOP penanganan kebakaran dibutuhkan waktu 15 menit yakni petugas sudah  tiba di lokasi, sementara realitanya jika terjadi kebakaran di  Kecamatan Kintamani untuk tiba dilokasi membutuhkan waktu minimal 1 jam bahkan lebih tergantung lokasi kejadian,” sebutnya.
 
Musibah kebakaran yang rutin ditangani setiap tahunya adalah kebakaran hutan, bahkan jika kebakaran dirasa sulit ditangani pihaknya meminta bantuan kepada damkar dari luar daerah. ”Kami mengajukan anggaran untuk pengadaan mobil damkar, untuk 1 unit damkar kisaran harganya Rp1, 2 miliar,” kata alumni STPDN ini.
 
Jika pengadaan damkar bisa terwujud maka armada damkar bisa ditempatkan di tiap kecamatan, sehingga jika terjadi kebakaran penangananya bisa cepat dilakukan.
 
Terkait pemasangan Hdyrant, kata Agung Suryadarama kompoene telah tersedia, hanya tinggal pemasangan dari pipa induk PDAM. ”Setelah kami lakukan kordinasi dengan PDAM ternyata untuk pemasangan pihak PDAM memberikan rincian anggran yakni sebesar Rp 37 juta untuk pemasangan di satu titk,” sebutnya.
 
Hydrant akan ditempatkan di lima titik yakni Pasar Kdul, Pasar Loka Crana, Pasar Singamandawa, Kintamani, depan Museum Gunung Batur dan depan Kantor Bupati. 
 
wartawan
Agung Samudra
Category

Berlangsung Meriah, Telkomsel Ikut Semarakan Denpasar Festival ke-18

balitribune.co.id | Denpasar - Telkomsel turut berpartisipasi pada event Denpasar Festival ke-18 sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kegiatan budaya sekaligus menghadirkan pengalaman layanan terbaik bagi masyarakat. Kehadiran Telkomsel pada perhelatan tahunan ini diwujudkan melalui booth pelayanan pelanggan yang siap melayani berbagai kebutuhan pengunjung selama acara berlangsung.

Baca Selengkapnya icon click

Tiga Langkah Kecil Pastikan Liburan Tahun Baru Masih Masuk ke Rencana Keuangan

balitribune.co.id | Denpasar - Berdasarkan data OCBC Financial Fitness Index 2025, hanya 12% menggunakan uang sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan di awal tahun. 82 persennya menganggap anggaran hanyalah angan-angan. 76 persen anak muda masih habiskan uang demi ikut gaya hidup satu sama lain. Meskipun turun dari 80 persen, angka ini masih tergolong tinggi.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Desa Wisata di Bali Berhasil Raih Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan Tahun 2025

balitribune.co.id | Denpasar - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) mengumumkan pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan. Pada tahun 2025 ini, Kemenpar RI berkolaborasi dengan salah satu bank swasta mensertifikasi 10 desa wisata di Indonesia.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Astra Motor Bali Hadirkan Servis Gratis Honda di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung Jelang Nataru

balitribune.co.id | Denpasar – Menyambut perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Astra Motor Bali kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan prima kepada konsumen setia Honda melalui program Servis Gratis Honda. Layanan ini berlangsung mulai 22 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung, Denpasar.

Baca Selengkapnya icon click

PascaBanjir di Bali, Zurich Menerima Pengajuan Klaim Rp 30 Miliar Lebih

balitribune.co.id | Denpasar - PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) telah menerima laporan klaim atas lebih dari 140 polis dengan estimasi total kerugian mencapai lebih dari Rp 30 miliar terkait bencana di Bali tersebut. Sebagian besar klaim berasal dari lini asuransi properti, disusul oleh lini kendaraan bermotor.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.