Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Ketika Logo HUT RI "80" Maknanya Dikudeta

Kholid Harras
Bali Tribune / Kholid Harras - dosen, pemerhati pendidikan, politik, dan bahasa

balitribune.co.id | Delapan puluh tahun Indonesia merdeka. Pencapaian ini semestinya dirayakan dengan gegap gempita, disimbolkan lewat visual yang menginspirasi: logo resmi HUT RI ke-80. Namun, alih-alih menjadi lambang kebanggaan nasional, logo hasil rancangan Bram Patria Yoshugi, anggota Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dan Art Director di Thinking Room, ini justru mengalami nasib tragis.

Logo hasil seleksi ketat dari 245 desain dalam sayembara resmi Kementerian dan ADGI itu tak butuh waktu lama untuk dikudeta maknanya. Bukan oleh pesaing desain, melainkan oleh kreativitas liar rakyat digital.

Penjelasan resmi soal angka '8' dan '0' yang konon melambangkan persatuan dan kesejahteraan dalam semangat 'Indonesia Maju' tampaknya tak cukup kuat membendung gelombang kreativitas sarkastik publik, logo itu justru berubah fungsi menjadi panggung olok-olok nasional.

Begitu logo itu direbahkan sedikit, diputar sejenak, atau dimiringkan sekadar iseng, tafsirnya langsung jungkir balik. Di tangan warganet, angka "80" bukan lagi simbol kemerdekaan, tapi wajah-wajah absurd yang memancing tawa getir.

Ada yang menyebutnya Keroppi dengan senyum sinis penuh ironi. Ada pula yang melihatnya sebagai dung beetle ala  film animasi "Larva", serangga pekerja keras, tapi pekerjaannya mengguling-gulingkan kotoran.

Yang paling nekat, logo ini disejajarkan dengan monyet mainan pengintai CCTV dalam "Toy Story 3", sebuah sindiran telak bahwa di balik perayaan kemerdekaan, terselip rasa diawasi, dikontrol, dan diam-diam dicekam.

Dalam perspektif semiotik, peristiwa ini adalah panggung perlawanan simbolik. Negara sebagai "produsen makna" merancang logo dengan harapan menyampaikan pesan politis yang lembut: kemajuan, harmoni, legitimasi. Namun, publik sebagai konsumen makna punya logika sendiri.

Mereka tidak sekadar membaca pesan, mereka mengolahnya, menyambungkannya dengan realitas yang lebih dekat dengan pengalaman hidup mereka, yang tidak selalu harmonis, apalagi sejahtera.

Parodi menjadi bentuk decoding yang tidak tunduk. Dalam istilah Stuart Hall, ini adalah negotiated bahkan oppositional reading, penolakan terhadap versi resmi. Meme-meme itu adalah tafsir alternatif yang menunjukkan bahwa publik tidak membeli narasi "semuanya baik-baik saja". Ketika rakyat melihat logo negara lebih mirip badut daripada lambang kejayaan, itu pertanda bahwa ada krisis makna yang sedang berlangsung.

Lebih jauh, Jean Baudrillard barangkali akan menyebut logo "80" sebagai simulakra. Ia bukan cermin realitas, tapi pengganti realitas yang ingin dipercaya oleh otoritas. Sayangnya, publik masa kini sudah kenyang dengan simulasi.

Mereka tidak lagi ingin ditipu oleh ilusi visual yang tak sejalan dengan kenyataan. Maka, mereka balas dengan parodi. Meme menjadi alat perlawanan: lucu, nakal, tapi mujarab.

Yang menyedihkan (atau justru membanggakan?) adalah betapa cepat dan luasnya parodi ini menyebar. Dalam hitungan jam sejak logo diumumkan, jagat maya langsung diramaikan dengan berbagai versi yang kadang lucu, kadang kejam, tapi selalu penuh makna.

Tak ada lagi batas antara seni grafis dan kritik sosial. Semuanya bercampur dalam satu medan: medan kuasa budaya digital.

Simbol negara, yang dahulu sakral dan tak tersentuh, kini menjadi bahan olok-olok demokratis. Ini bukan sekadar kehilangan wibawa visual. Ini adalah cermin bahwa rakyat kini lebih kritis, lebih cerdas, dan tak segan menertawakan apa yang dianggap absurd, sekalipun itu buatan pemerintah.

Logo "80" telah dikudeta maknanya. Tapi dalam kudeta ini, tidak ada darah. Yang ada hanya tawa, sindiran, dan ironi, semua dibungkus dalam kreativitas warga yang tidak ingin hanya menjadi penonton. Mereka ingin turut serta menafsirkan ulang makna kebangsaan, dengan caranya sendiri.

Yang tidak sepakat dengan tafsir-tafsir parodi dan satiris warganet, tak boleh marah. Apalagi hingga mengancaman memblokir rekening bank mereka. Bukankah itu juga bentuk dari kemerdekaan?  Dirgahayu negeriku...

wartawan
Kholid Harras
Category

Barong Brutuk Terunyan Diusulkan Jadi WBTB

balitribune.co.id | Bangli - Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangli tahun ini mengusulkan satu unsur budaya untuk ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak benda (WBTB) Indonesia. Adapun yang diajukan adalah tarian Barong Brutuk,  Desa Terunyan, Kecamatan Kintamani.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Akhir 2025 TPA Suwung Tutup Permanen, Mulai 1 Agustus Tidak Terima Sampah Organik

balitribune.co.id | Denpasar - Terhitung mulai 1 Agustus 2025, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Sarbagita Suwung tidak lagi menerima kiriman sampah organik. Selanjutnya, TPA seluas 32,4 hektare ini akan ditutup secara permanen pada akhir Desember 2025. Informasi tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra, dalam siaran pers pada Rabu (30/7).

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Menjaga Warisan Budaya Dunia Jatiluwih

balitribune.co.id | Dalam beberapa tahun belakangan ini, eksistensi Jatiluwih sebagai warisan budaya dunia terus menjadi perbincangan dari berbagai kalangan karena ditengarai  adanya pembangunan fisik yang semakin masif. Pesatnya pembangunan tersebut seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang mengunjungi kawasan Jatiluwih.

Baca Selengkapnya icon click

Kapal Tanker Pertamina Diduga Bocor, Bencana Lingkungan Mengintai

balitribune.co.id | Singaraja – Kondisi kapal tanker Floating Storage Ofloading (KSO) Cinta Natomas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) yang sedang tambat di Pelabuhan Celukan Bawang semakin mengkhawatirkan. Kapal yang memuat limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) akibat endapan minyak mentah itu diduga mengalami kebocoran.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.